Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Seni Musik di Sukabumi Berjuang Bangkit dari Pandemi

Senin 21 Sep 2020 04:35 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Para penggiat seni musik di Kota Sukabumi mencoba bangkit dari dampak pandemi dengan menggelar pertunjukkan terbatas dan protokol kesehatan, Sabtu (19/9) malam

Para penggiat seni musik di Kota Sukabumi mencoba bangkit dari dampak pandemi dengan menggelar pertunjukkan terbatas dan protokol kesehatan, Sabtu (19/9) malam

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Kota Sukabumi memiliki potensi besar karena banyak musisi yang berasal dari kota ini

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Seni musik di Kota Sukabumi mulai bangkit dari pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan digelarnya pertunjukkan musik terbatas dengan penerapan protokol kesehatan dan disiarkan secara virtual melalui media sosial.

Salah satunya digagas Sukabumi Rock Loud yang menggelar pertunjukkan musik Tribute to Lady Rockers di Vila Aku Cantik Kota Sukabumi, Sabtu (19/9) malam. Pada momen tersebut tampil grup band lokal Sukabumi yang selama ini jarang tampil karena pandemi Covid-19. "Seni musik coba kembali bangkit di tengah pandemi," ujar penggagas Sukabumi Rock Loud, Hadi Hendarsyah kepada Republika. Caranya dengan menggelar seni musik terbatas yang disiarkan juga melalui media sosial Facebook dan Youtube.

Menurut Hadi, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari festival Sukabumi Rock Loud yang digelar pada 2019 lalu. Di mana pemenang dari festival tersebut menjadi pengisi dalam pertunjukkan Tribute to Lady Rockers pada Sabtu malam.

Pergelaran seni musik ini rencananya digelar berkesinambungan untuk mengangkat potensi musik di daerah. Terlebih, Kota Sukabumi memiliki potensi besar dari seni musik karena banyak penggiat seni musik yang terkenal dari Sukabumi.

Selain itu lanjut Hadi, acara inj juga dapat menjadi media bagi pemuda yang suka musik untuk menyalurkan bakatnya di ajang tersebut. "Hobi musiknya dapat disalurkan secara positif," kata dia.

Di sisi lain Hadi menuturkan, pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk seni musik. Sehingga ia menggagas pertunjukkan seni musik rock secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di wastafel yang disediakan di lokasi acara.

Pengelola Villa Aku Cantik Candra Marsalesa mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan seni musik yang coba bangkit di masa pandemi Covid-19." Semoga seni musik di Sukabumi bangkit kembali dan lahir inovasi serta kreativitas dari grup band di Sukabumi," kata dia. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA