Ahad 20 Sep 2020 15:34 WIB

'Perilaku Hidup Bersih Dasar Keberlangsungan Wisata'

Gerakan BISA harus dimulai dari diri masing-masing.

Penerapan gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di destinasi wisata Air Terjun Ogi, Kabupaten Ngada-Bajawa,beberapa waktu lalu.
Foto: dokpri
Penerapan gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di destinasi wisata Air Terjun Ogi, Kabupaten Ngada-Bajawa,beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BAJAWA --  Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) melakukan pencanangan destinasi-destinasi wisata dengan menerapkan protokol kebersihan, kesehatan, keamanan, dan ramah lingkungan (Cleanliness, Health, Safety, Environment/CHSE). Hal itu ditandai dengan lanjutan rangkaian aktivasi gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) di destinasi wisata Air Terjun Ogi, Kabupaten Ngada-Bajawa, 17 & 18 September 2020.

Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina saat membuka kegiatan mengatakan, kedisiplinan terhadap perilaku hidup bersih dan sehat menjadi salah satu dasar bagi keberlangsungan pariwisata. Jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, perang terhadap sampah, khususnya sampah plastik dilakukan secara global, termasuk masyarakat Flores.

"Pandemi ini harus menjadi puncak kesadaran kita menjaga gaya hidup sehat. Bicara pariwisata tidak lepas dari bicara tentang gaya hidup bersih dan sehat. Keindahan, keamanan, serta keberlangsungan lingkungan dengan sendirinya akan terwujud dan ini menjadi modal utama berlangsungnya pariwisata kita," kata Shana dalam siaran persnya, Ahad (20/9).

Shana menekankan kehadiran Bajawa sebagai salah satu aset pariwisata budaya NTT. Kehadiran museum budaya berupa kampung-kampung adat warisan leluhur di Lembah Jerebu’u yang saat ini menjadi bagian tak terpisahkan dari destinasi budaya dan sejarah yang selalu perlu dijaga keberlangsungannya.

"Dengan karakter pariwisata Bajawa yang melibatkan masyarakat secara langsung, maka penerapan protokol CHSE sudah selayaknya menjadi gaya hidup yang harus dilaksanakan secara disiplin. Dengan begitu dapat menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat maupun wisatawan yang datang berkunjung," kata Shana.   

Sementara itu, Asisten 2 Bupati Ngada Bidang Pembangunan Hironimus Reba dalam sambutannya antusias. Menurut Hironimus, kegiatan padat karya seperti Gerakan BISA harus menjadi momentum bagi masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan berbagai sektor, terutama sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19.

"Terima kasih kepada BOPLBF yang tidak pernah melupakan Kabupaten Ngada dalam pelaksanaan kegiatan seperti ini. Selama kurang lebih 6 bulan sejak pandemi , roda perekonomian pariwisata kami berhenti berputar. Semua sektor terkena imbasnya. Inilah momentum kebangkitan kita!" ujar Hironimus. 

Hironimus juga menekankan, Gerakan BISA harus dimulai dari diri masing-masing. Hidup bersih dan sehat harus menjadi gaya hidup masyarakat. Keberlangsungan lingkungan yang dirawat dengan gaya hidup masyarakat yang bersih dan sehat sudah dapat dipastikan akan memberi dampak juga bagi keberlanjutan pariwisata daerah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement