Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

5 Cara Mengatasi Pilek di Rumah

Ahad 20 Sep 2020 01:16 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Gita Amanda

Pilek/ilustrasi

Pilek/ilustrasi

Foto: guardian.co.uk
Tidak ada "cara cepat" untuk menyembuhkan pilek.

REPUBLIKA.CO.ID, Pilek merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi di tengah masyarakat. Tidak ada "cara cepat" untuk menyembuhkan pilek. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala-gejalanya.

Setidaknya, ada lima hal yang bisa dilakukan di rumah untuk meredakan gejala pilek. Berikut ini adalah kelima hal tersebut seperti dilansir Independent:

Tetap Makan dan Minum

Pilihan makanan dan minuman selama pilek dapat mempengaruhi seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari penyakit tersebut. Beberapa minuman yang dapat membantu menjaga hidrasi di saat pilek adalah air putih, jus buah, sop, dan kaldu jernih.

"Anda bisa membantu meningkatkan sistem imun untuk melawan pilek dengan meningkatkan asupan cairan, vitamin C, dan zinc," jelas Dr Robert Clarke.

Selain asupan minuman, pola makan yang seimbang dan kaya akan sayuran hijau dan buah juga dapat membantu. Sedangkan beberapa hal yang perlu dihindari adalah alkohol, kopi, dan minuman bersoda.

Istirahat

Saat pilek, jangan paksakan tubuh untuk beraktivitas terlalu berat. Kurang istirahat dapat membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lmabat. Luangkan waktu untuk istirahat, tidur, dan menurunkan stres.

Meredakan Nyeri Tenggorokan

Salah satu gejala yang mungkin terjadi saat pilek adalah nyeri tenggorokan. Nyeri tenggorokan dapat diredakan dengan obat-obatan yang dijual bebas.

Selain itu, NHS juga menganjurkan berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan gejala ini. Menghisap es batu juga menjadi salah satu yang dianjurkan NHS. Kedua hal ini hanya dianjurkan untuk orang dewasa. Anak kecil tidak disarankan berkumur dengan air garam atau menghisap es batu karena berisiko tersedak.

Olahraga

Bila gejala pilek yang dialami ringan, tak ada salahnya untuk mencoba olahraga. Berolaharga aman dilakukan oleh orang-orang yang mengalami pilek. Menurut studi, olahraga dapat membantu orang-orang yang pilek merasa lebih baik.

"(Olahraga yang dilakukan saat pilek) kemungkinan tidak akan menyebabkan komplikasi bila Anda tidak memiliki masalah kesehatan lain," ujar spesialis penyakit menular Catherine Liu MD.

Ringankan Hidung Tersumbat

Satu hal yang sering dilakukan orang-orang saat hidung tersumbat adalah menghembuskan napas melalui hidung sesering mungkin. Hal ini sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan selaput lendir menjadi lebih teriritasi.

Untuk meringankan hidung tersumbat, gunakan spray saline yang dijual bebas untuk mencuci hidung. Cara ini dapat melunakkan lendir dan membuat hidung terasa lebih lega.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA