Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Cara dan Tips Aman Main Tinder

Sabtu 19 Sep 2020 18:54 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Cara dan Tips Aman Main Tinder, Catat!. (FOTO: Theverage)

Cara dan Tips Aman Main Tinder, Catat!. (FOTO: Theverage)

Cara dan Tips Aman Main Tinder, Catat!

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Korban kasus mutilasi yang terjadi di area Pasar Baru, RHW, kabarnya mengenal pembunuhnya melalui aplikasi kencan daring, Tinder. Dari situ, ada warganet di Twitter yang mengingatkan agar berhati-hati ketika mencari rekan atau pasangan lewat aplikasi seperti itu.

Untuk itu, Warta Ekonomi telah merangkum cara aman dalam bermain Tinder dari laman The Sun, Jumat (18/9/2020). Dengan begitu, Anda bisa mencegah hal-hal berbahaya yang bisa terjadi kalau lengah saat memainkan aplikasi Tinder dan kawan-kawan.

Berikut ini cara dan tips main Tinder dengan aman!

Baca Juga: Cara Main PUBG di Laptop atau PC

Baca Juga: Cara Download Game Gratis di Epic Games, Ada Football Manager 2020!

Cara Aman Main Tinder

1. Hindari pemberian informasi pribadi

Banyak hal yang tergolong dalam informasi pribadi, antara lain: nomor kartu kredit, rekening bank dan PIN, alamat rumah, alamat kantor, nomor asuransi/jaminan sosial. Hindari juga permintaan berisiko tinggi seperti ingin meminjam uang lewat layanan pengiriman uang jarak jauh.

2. Hanya bertukar pesan lewat aplikasi kencan

Demi menjaga keamanan, jangan berpindah tempat 'mengobrol' dari aplikasi kencan ke aplikasi perpesanan yang lebih privat; seperti WhatsApp, surat elektronik, hingga telepon.

Jika Anda merasa 'teman dunia maya' itu mencurigakan, sebaiknya laporkan hal itu ke pihak berwajib atau ke rekan terdekat Anda.

3. Jika bertemu, maka pilih tempat ramai

Menghindari bertemu di ruang privat seperti rumah atau apartemen merupakan langkah aman untuk perlindungan diri. Baiknya, bertemulah di tempat yang ada banyak orang, seperti taman, restoran, mal, dan sebagainya.

Pastikan juga Anda telah mengenal teman itu sebelum memutuskan untuk menemuinya, ya.

4. Informasikan rencana bertemu ke keluarga/teman

Ini berguna sebagai antisipasi hal-hal yang tidak Anda inginkan. Jika orang sekitar tahu ke mana dan dengan siapa Anda pergi, maka mereka punya informasi tentang keberadaan Anda. Satu lagi, selalu pastikan alat komunikasi aktif dan ada dalam kendali Anda.

5. Jaga kesadaran

Saat pergi dengan orang yang baru Anda kenal, hindari konsumsi obat-obatan atau alkohol demi menjaga kesadaran diri.

6. Matikan fitur 'I WANT TO BE NOTIFIED'

Satu hal penting, jika Anda merasa sedang berada di wilayah tidak aman, maka matikanlah fitur 'I want to be notified' yang terletak di bagian bawah pengaturan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA