Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Pemkab Magetan Siapkan Lahan untuk UNS

Jumat 18 Sep 2020 21:28 WIB

Rep: binti sholikah/ Red: Muhammad Akbar

Logo buatan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Niko Andre Prasetyo, berhasil memenangkan sayembara logo Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia pada 9 April 2020.

Logo buatan mahasiswa Pendidikan Seni Rupa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Niko Andre Prasetyo, berhasil memenangkan sayembara logo Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia pada 9 April 2020.

Foto: dok. UNS
kagum karena UNS memiliki kawasan Benteng Pancasila.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pemerintah Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur, menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Hal itu terungkap dalam acara penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Provinsi Jawa Timur, tentang Sinergi Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan dalam Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Guna Mendukung Pembangunan Daerah Kabupaten Magetan Provinsi Jawa Tengah.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho dan Bupati Magetan, Suprawoto di Gedung dr Prakosa Kantor Pusat UNS, Jumat (18/9).

Dalam sambutannya, Bupati Magetan, Suprawoto, mengatakan senang bisa melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan UNS yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Dia juga menyatakan kagum karena UNS memiliki kawasan Benteng Pancasila.

Suprawoto menceritakan, di Jawa Timur khususnya di sebelah barat belum banyak dijumpai perguruan tinggi. Hal itu terlihat belum adanya perguruan tinggi negeri di Kabupaten Magetan.

"Di Surabaya ada perguruan tinggi negeri, Malang ada, Jember ada, tetapi di Magetan belum ada. Di Magetan baru ada Akademi Kebidanan dan Akademi Teknik Lingkungan," kata Suprawoto, seperti tertulis dalam siaran pers.

Dengan begitu, lanjut Suprawoto, menjadi kesempatan bagi UNS untuk mendirikan kampus di Magetan. Dia menilai, sudah waktunya UNS mendirikan kampus cabang di Magetan.

"Dengan adanya universitas di Magetan, semoga bisa memfasilitasi warga Magetan untuk menempuh studi. Karena kalau harus kuliah di luar kota dan kos, maka biayanya akan bertambah. Kami sediakan tanah di Magetan jika memang UNS bersedia membangun perguruan tinggi disana. Dan kami sangat berharap UNS bersedia," imbuhnya.

Selain berupa pendirian perguruan tinggi, di Magetan masih banyak proyek-proyek yang bisa dikolaborasikan dengan UNS. Salah satunya, terkait dengan manajemen air, pengembangan wilayah, pertanian dan pariwisata.

Sementara itu, Rektor UNS, Jamal Wiwoho mengapresiasi penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut. "Terima kasih Pemkab Magetan sudah menyediakan tanah sekitar 20 hektare di Magetan. Kami intruksikan kepada Direktur Sekolah Vokasi (SV) dan Dekan Fakultas Teknik (FT) untuk segera menindaklanjuti," ucap Jamal.

Jamal berharap, melalui kerja sama antara UNS dan Pemkab Magetan tersebut bisa menghasilkan kolaborasi yang bisa memberikan keuntungan kedua instansi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA