Sabtu 19 Sep 2020 05:55 WIB

Saatnya Center Lakers Kerja Keras

Dua Center yang dimiliki Lakers, JaVale McGee dan Dwight Howard dituntut kerja keras.

Rep: Fitriyanto/ Red: Agung Sasongko
Dwight Howard
Foto: EPA/Francis R. Malasig
Dwight Howard

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dua Center yang dimiliki Lakers, JaVale McGee dan Dwight Howard dituntut kerja keras dalam laga pertama Final Wilayah Barat melawan Denver Nuggets, yang akan berlangsung Sabtu (19/9) WIB. Keduanya plus power forward Anthony Davis akan berusaha menghentikan Center serba bisa milik Nuggets Nikola Jokic.

Dalam tiga laga terakhir saat mengalahkan Houston Rockets di semifinal wilayah barat, Dua Center Lakers lebih banyak menjadi pemandu sorak di bangku cadangan.  Kali ini Pelatih Kepala Lakers, Frank Vogel lebih membutuhkan tenaga mereka untuk bisa menahan laju Jokic.

Baca Juga

“Dalam hal seberapa banyak kami akan menggunakan center kami, saya tidak ingin terlalu banyak menjelaskan secara detail,” Kata Vogel seperti dilansir laman ESPN, Jumat (18/9). Vogel mengakui,  Jokic adalah salah satu pemain Center paling unik di dunia. 

Jokic rerata mengoleksi 25,4 poin pada 51,5 persen tembakan, 10,8 rebound, dan 6,0 assist selama playoff. Dengan statistik itu, wajar Vogel sudah mengenali siapa musuh Lakers sesungguhnya.  Karenanya, menurut Vogel, McGee dan Howard akan menjadi kunci penting pada laga ini.

Perlu dicatat, McGee dan Howard hanya memainkan kombinasi 23 menit selama empat pertandingan terakhir semifinal konferensi. Semua laga yang dimainkan menghasilkan kemenangan bagi Lakers. "Energi sangat penting, dan jika semangat kami sedang turun, seperti yang selalu mereka katakan, satu apel buruk dapat merusak seluruh keranjang," kata Howard.

Langkah Lakers meraih gelar juara tidaklah mudah. Milwaukee Bucks mampu dikalahkan di wilayah Timur. Sementara, Nuggets diluar dugaan sukses mengalahkan LA Clippers. "Salah satu dari tiga tim yang tersisa ini dapat mengalahkan kami, dan Denver Nuggets adalah tim bola basket yang hebat. Begitu pula Boston Celtics, begitu pula Miami Heat," kata Vogel.  

Forward Lakers, LeBron James paham betul kekuatan tim yang mampu bangkit dari defisit kemenangan dalam seri playoff. Apalagi Nuggets melakukan itu tidak hanya sekali, tetapi dua kali. “Sangat tangguh, sangat percaya diri, sangat bersemangat, dan tim yang sangat terlatih,” kata James dilansir dari laman AP.  

Nuggets mungkin dianggap sebagai underdog selama babak playoff. Namun, baik Jazz maupun Clippers menjadi korban dari strategi yang bakal menjadi tantangan Lakers. Forward Lakers, Anthony Davis yakin timnya dapat mengendalikan permainan pada laga nanti.  “Kami hebat dalam menyesuaikan dan memastikan kami siap untuk setiap lawan;  Saya yakin itu akan kurang lebih sama di sini, ”kata Davis

Sementara itu dalam laga kedua final Wilayah Timur yang berlangsung Jumat (18/9) WIB, Miami Heat kembali menaklukan Boston Celtics dengan skor 106-101. Dengan hasil ini Heat memimpin 2-0 dari format best of seven. Gim ketiga akan dilangsungkan Ahad (20/9) WIB. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement