Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

Thursday, 5 Rabiul Awwal 1442 / 22 October 2020

9 Warga Serbia Ditangkap Atas Dugaan Pembunuhan Muslim

Jumat 18 Sep 2020 17:57 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Warga Serbia ditangkap atas dugaan pembunuhan Muslim pada 1990.  Ilustrasi Muslim Bosnia yang selamat mendoakan para korban konflik genosida Muslim Bosnia oleh Serbia.

Warga Serbia ditangkap atas dugaan pembunuhan Muslim pada 1990. Ilustrasi Muslim Bosnia yang selamat mendoakan para korban konflik genosida Muslim Bosnia oleh Serbia.

Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Warga Serbia ditangkap atas dugaan pembunuhan Muslim pada 1990.

REPUBLIKA.CO.ID, SOKOLAC – Kepolisian Bosnia menangkap sembilan warga etnis Serbia pada Rabu (16/9) karena dicurigai terlibat dalam pembunuhan 44 warga sipil Muslim di sebuah desa pada awal perang 1990-an. Sembilan pria itu merupakan kebanyakan mantan tentara dan dua komandan polisi.

Menurut jaksa penuntut, mereka dicurigai telah merencanakan, mengatur, dan mengambil bagian dalam pembunuhan dan penganiayaan terhadap warga sipil Muslim di daerah Sokolac di Bosnia timur pada September 1992. 

Dalam pernyataan jaksa itu disebutkan, ketika tentara Serbia Bosnia menyerang desa Novoseoci, pria dipisahkan dari wanita dan anak-anak sebelum dibawa ke tempat pembuangan sampah dan ditembak. 

Baca Juga

Dilansir di Pakistan Observer, Jumat (18/9), para korban berusia antara 14 dan 82 tahun. Mereka kemudian dimakamkan di sana, sementara perempuan dan anak-anak diusir dari desa tersebut. 

Setelah eksekusi itu dilakukan, masjid desa juga dihancurkan dan puing-puingnya dibawa ke tempat pembuangan sampah dan ditinggalkan bersama jenazah para korban. Semua kecuali satu korban, termasuk satu wanita, digali dan diidentifikasi setelah perang 1992-1995. 

Sementara itu, mantan jenderal Serbia Bosnia Radislav Krstic menjalani hukuman penjara 35 tahun yang dijatuhkan oleh pengadilan PBB atas perannya dalam genosida Srebrenica 1995. Menurut pernyataan jaksa, Krstic menjadi tersangka dalam kasus tersebut dan akan diinterogasi.

Sumber: https://pakobserver.net/nine-serbs-held-over-1992-bosnia-killings-of-muslims/  

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA