Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat

Jumat 18 Sep 2020 17:35 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah

Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat. Umat Muslim berwudhu sebelum melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Al- Azhar, Jakarta. Ilustrasi

Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat. Umat Muslim berwudhu sebelum melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Al- Azhar, Jakarta. Ilustrasi

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Masjid Al-Azhar meniadakan sholat Jumat selama PSBB Jakarta berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai hari ini tidak menggelar sholat Jumat. "Masjid tidak ada kegiatan sholat Jumat selama PSBB total," ujar Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding ketika dikonfirmasi, Jumat (18/9).

Iding mengatakan Masjid Al-Azhar meniadakan sholat Jumat selama PSBB berlangsung. Di pintu gerbang masjid, Masjid Al-Azhar juga sudah memasang spanduk berisi pengumuman bahwa masjid tidak menyelenggarakan sholat Jumat selama PSBB.

Berdasarkan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, penutupan tempat ibadah harus dilakukan, sebagai konsekuensi dari menerapkan PSBB. Penerapan ini seperti pada PSBB yang pernah dilakukan pada Maret 2020.

Baca Juga

Khusus untuk tempat ibadah, akan ada sedikit penyesuaian. Misalnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan tidak mengizinkan masjid-masjid di jalan raya dibuka sebab jamaah bisa datang dari lokasi yang berbeda-beda.

Sementara itu, rumah ibadah di kampung atau kompleks yang digunakan oleh masyarakat setempat masih boleh buka. Meski demikian, masjid yang berada di zona merah tetap ditutup.

"Penyesuaian tempat ibadah bagi warga setempat masih boleh digunakan asal menerapkan protokol yang ketat. Artinya, rumah ibadah yang jamaahnya datang dari mana-mana bukan dari lokasi setempat, seperti masjid raya tidak dibolehkan dibuka. Harus tutup," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI, Rabu (9/9).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA