Jumat 18 Sep 2020 17:35 WIB

Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat

Masjid Al-Azhar meniadakan sholat Jumat selama PSBB Jakarta berlangsung.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ani Nursalikah
Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat. Umat Muslim berwudhu sebelum melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Al- Azhar, Jakarta. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Hari Ini Masjid Al-Azhar tidak Laksanakan Sholat Jumat. Umat Muslim berwudhu sebelum melaksanakan sholat Jumat di Masjid Agung Al- Azhar, Jakarta. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mulai hari ini tidak menggelar sholat Jumat. "Masjid tidak ada kegiatan sholat Jumat selama PSBB total," ujar Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar, Iding ketika dikonfirmasi, Jumat (18/9).

Iding mengatakan Masjid Al-Azhar meniadakan sholat Jumat selama PSBB berlangsung. Di pintu gerbang masjid, Masjid Al-Azhar juga sudah memasang spanduk berisi pengumuman bahwa masjid tidak menyelenggarakan sholat Jumat selama PSBB.

Baca Juga

Berdasarkan keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, penutupan tempat ibadah harus dilakukan, sebagai konsekuensi dari menerapkan PSBB. Penerapan ini seperti pada PSBB yang pernah dilakukan pada Maret 2020.

Khusus untuk tempat ibadah, akan ada sedikit penyesuaian. Misalnya menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dan tidak mengizinkan masjid-masjid di jalan raya dibuka sebab jamaah bisa datang dari lokasi yang berbeda-beda.

Sementara itu, rumah ibadah di kampung atau kompleks yang digunakan oleh masyarakat setempat masih boleh buka. Meski demikian, masjid yang berada di zona merah tetap ditutup.

"Penyesuaian tempat ibadah bagi warga setempat masih boleh digunakan asal menerapkan protokol yang ketat. Artinya, rumah ibadah yang jamaahnya datang dari mana-mana bukan dari lokasi setempat, seperti masjid raya tidak dibolehkan dibuka. Harus tutup," kata Anies dalam tayangan Youtube Pemprov DKI, Rabu (9/9).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement