Jumat 18 Sep 2020 16:43 WIB

Ini Panduan Saat Bayi Demam

Suhu tubuh umumnya lebih rendah saat bangun di pagi hari dan lebih tinggi pada sore

Rep: Puti Almas/ Red: Gita Amanda
Bayi demam
Foto: parentdish.co.uk
Bayi demam

REPUBLIKA.CO.ID, Bayi mungkin mengalami demam karena berbagai alasan. Saat terjadi, para orang tua perlu mengukur suhu tubuh buah hati mareka dengan menggunakan termometer untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Suhu normal bayi adalah 37 derajat celcius, yang bisa sedikit berbeda seperti pada pagi dan sore hari. Suhu tubuh umumnya lebih rendah saat bangun di pagi hari dan lebih tinggi pada sore, serta malam hari.

Bayi berusia 3 bulan ke atas dengan demam ringan dapat dirawat di rumah dengan perawatan yang tepat jika tidak ada gejala lain yang muncul. Sementara, jira demam terjadi pada bayi baru lahir berusia 3 bulan dan lebih kecil dari usia ini harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebab yang mendasarinya dan memberi obat yang tepat jika diperlukan.

Bayi dengan demam tinggi atau persisten juga harus diperiksa oleh dokter. Meski demam itu sendiri tidak berbahaya, terkadang penyebab utamanyalah yang mungkin demikian, seperti suatu infeksi atau penyakit yang terjadi bisa jadi.

Bayi kecil lebih mungkin mengalami demam, dibandingkan anak-anak atau balita yang lebih besar yang memerlukan pengobatan. Salah satu yang penting diketahui oleh para orang tua adalah berapa suhu yang dianggap tinggi atau dapat dikategorikan sebagai demam?

Dilansir Healthline, suhu 38 derajat celcius atau lebih tinggi saat pengukuran dilakukan secara rektal dapat dikategorikan sebagai demam. Sementara, 37,4 derajat celcius atau lebih tinggi juga dianggap sebagai demam saat pengukuran suhu dilakukan melalui metode lain.

Demam ringan tidak selalu membutuhkan kunjungan dokter untuk bayi berusia lebih dari tiga bulan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam anak di rumah.

1. Memberi asetaminofen

Jika anak berusia di atas tiga bulan, Anda dapat memberi asetaminofen dalam jumlah aman. Sementara, ibuprofen dapat diberikan pada bayi di atas usia enam bulan. Ikuti instruksi dokter untuk menentukan dosis yang tepat. Dosis biasanya didasarkan pada berat badan.

Dokter mungkin menyarankan untuk menimbang bayi Anda jika mereka ditimbang baru-baru ini atau jika mereka baru saja mengalami lonjakan pertumbuhan (growth spurt). Jika bayi terlihat tidak nyaman dan menjadi rewel karena demam, Anda tidak perlu memberi obat apapun terlebih dahulu, kecuali demam yang tinggi.

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Pakaian yang nyaman diperlukan bayi saat demam. Gunakan hanya selimut tipis agar mereka tetap merasa sejuk. Mengenakan pakaian berlebihan atau selimut tebal justru dapat menganggu metode pendinginan alami tubuh bayi.

3. Suhu ruangan yang sejuk

Jagalah agar rumah dan kamar bayi Anda tetap sejuk. Ini data membantu mencegah mereka dari rasa panas yang tak nyaman saat Detam.

4. Mandi air hangat

Coba seka bayi dengan air hangat saat demam. Hindari menggunakan air dingin, karena dapat menyebabkan menggigil, yang dapat meningkatkan suhunya. Keringkan bayi Anda segera setelah mandi dan kenakan pakaian yang nyaman.

5. Sering beri minum

Dehidrasi seringkali terjadi saat demam yang timbul akibat komplikasi. Berikan cairan atau minum secara teratur, jika bayi mungkin Anda dapat memberi ASI atau susu formula. Pastikan bayi meneteskan air mata saat menangis, serta bulut yang lembab, dan popok tetap basah secara teratur.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement