Jumat 18 Sep 2020 16:32 WIB

Hadapi Pandemi, Jokowi Ajak Pemuda Ansor Berdoa dan Ikhtiar

Ikhtiar tersebut dapat dilakukan baik secara dhohir maupun batin.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani
Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas 
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pemuda Ansor bersama-sama melakukan ikhtiar menghadapi pandemi Covid-19. Ikhtiar tersebut dapat dilakukan baik secara dhohir maupun batin.

Hal ini disampaikannya saat meresmikan pembukaan konferensi besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor melalui video conference, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/9).

“Dalam situasi seperti ini ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian, kita harus satu barisan, kita harus satu frekuensi, satu semangat. Karena kita perlu kerja keras berikhtiar dengan sungguh-sungguh baik ikhtiar dhohir maupun batin,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, ikhtiar dhohir dapat dilakukan melalui berbagai cara seperti menjaga pola hidup bersih dan sehat sebagaimana diajarkan dalam agama Islam, mengikuti protokol kesehatan, menjaga wudhu, mengkonsumsi makanan yang sehat, serta berolahraga. Sedangkan ikhtiar secara batin dapat dilakukan dengan memperbanyak dzikir, istighfar, dan juga taubat kepada Allah SWT.

Jokowi juga mengajak agar gerakan pemuda Ansor ikut membantu masyarakat yang terdampak pandemi saat ini. Sebab, tak sedikit masyarakat yang justru kehilangan pekerjaan dan membutuhkan bantuan.

“Karena itu saya mengajak seluruh anggota gerakan pemuda Ansor di manapun berada baik secara individual maupun kolektif ikut turun tangan bersama pemerintah dan elemen bangsa lainnya ikut membantu meringankan beban saudara kita,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement