Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Pertamina Kucurkan Kredit Rp 1,2 M pada UMKM Indramayu

Jumat 18 Sep 2020 16:30 WIB

Red: Agus Yulianto

 Pertamina menyalurkan pinjaman modal usaha dengan total Rp 1,2 miliar kepada 21 UMKM untuk modal usaha.

Pertamina menyalurkan pinjaman modal usaha dengan total Rp 1,2 miliar kepada 21 UMKM untuk modal usaha.

Foto: Istimewa
Bantuan itu dialokasikan kepada 21 UMKM di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BALONGAN -- Guna membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dimasa pandemi, Pertamina menyalurkan pinjaman modal usaha dengan total Rp 1,2 miliar. Bantuan itu dialokasikan kepada 21 UMKM di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Penandatangan perjanjian peminjaman modal usaha bagi UMKM tersebut dilakukan dikantor Commrel & CSR Pertamina RU VI Balongan, Kamis (16/9) dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19. Bidang usaha yang kali ini mendapat kucuran kredit program Kemitraan Pertamina ini diantaranya dari sektor industri ada pengrajin batik dan makanan ringan, di bidang perikanan ada peternak udang, sementara dari bidang perdagangan ada  toko material.

Unit Manager Communication, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan Cecep Supriyatna menjelasakan, secara umum sektor usaha yang bisa mengajukan pinjaman modal program kemitraan antara lain perindustrian, perdagangan, pertanian, perkebunan, perikanan, dan jasa. “Kami sangat berharap semua bidang usaha bisa masuk dalam program ini”, ujarnya.

Dikatakan Cecep, program kemitraan ini dilaksanakan dengan harapan bisa membantu para pelaku UMKM agar lebih berkembang, bahkan menjadi lebih kuat dan mandiri sehingga bisa survive ditengah pandemi. “Alhamdulillah program kemitraan ini mendapat antusias cukup besar dari masyarakat Indramayu yang menjadi pelaku UMKM, semoga saja bisa menjadi pemacu semangat para pengusaha kecil lainnya untuk bangkit dan berkembang”, ujar Cecep.

Cecep menambahkan, selain mendapat pinjaman modal usaha, pelaku UMKM ini juga akan mendapat pembinaan dan bimbingan agar usaha yang mereka jalankan bisa lebih produktif dan memberikan keuntungan bagi UMKM.

“Dengan jasa administrasi hanya 3 per per tahun, Pertamina sangat berharap seluruh UMKM yang mendapat kredit pinjaman modal  kelak bisa  tumbuh menjadi pengusaha besar, bisa memberikan lapangan kerja bagi orang lain dan tentunya bisa membangkitkan perekonomian  nasional”, imbuh Cecep.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA