Jumat 18 Sep 2020 16:06 WIB

Facebook Luncurkan Aplikasi untuk Mengelola Bisnis

Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk pemilik bisnis kecil

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
 Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk pemilik bisnis kecil yang memungkinkan mereka mengelola halaman atau profil bisnis mereka di Facebook dan Instagram.
Foto: EPA
Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk pemilik bisnis kecil yang memungkinkan mereka mengelola halaman atau profil bisnis mereka di Facebook dan Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk pemilik bisnis kecil yang memungkinkan mereka mengelola halaman atau profil bisnis mereka di Facebook dan Instagram.

Aplikasi yang disebut Facebook Business Suite itu akan memungkinkan pelaku bisnis untuk mengunggah ke Facebook dan Instagram pada saat yang sama, serta mengelola dan menerima pesan, pemberitahuan, dan peringatan di satu tempat.

Antarmuka aplikasi juga akan menyediakan akses ke metrik keterlibatan dengan tab wawasan Facebook dan Instagram.

"Kami membangun Facebook Business Suite untuk bisnis kecil terlebih dahulu, tetapi ini adalah investasi jangka panjang untuk menjadikan ini antarmuka utama untuk bisnis dari semua ukuran yang menggunakan Facebook, Messenger, Instagram dan WhatsApp," kata COO Facebook, Sheryl Sandberg dilansir di ZD Net, Jumat (18/9).

"Aplikasi ini tersedia untuk bisnis kecil secara global mulai hari ini dan akan berkembang ke bisnis yang lebih besar tahun depan," tambahnya.

Facebook mencatat bahwa Business Suite tidak dimaksudkan untuk mereka yang menggunakan Manajer Iklan untuk periklanan. Business Suite cocok dengan target Facebook masuk ke dalam e-commerce. Pada bulan Mei, perusahaan mengumumkan Facebook Shops, cara bagi bisnis untuk mendirikan etalase digital tempat pelanggan dapat menelusuri dan membeli barang langsung di Facebook atau Instagram.  

Upaya tambahan ini ditujukan untuk bisnis kecil termasuk peluncuran alat promosi untuk merek sebelumnya, seperti kemampuan untuk menandai produk dan menampilkannya di bagian bawah video langsung di Facebook atau Instagram.

Awal tahun ini, ketika Facebook merilis hasil keuangan kuartal pertamanya, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyoroti bagaimana perusahaan telah mengambil langkah-langkah untuk mendukung bisnis kecil selama pandemi Covid-19, serta produk yang dikembangkannya untuk bisnis kecil.

Facebook melihat bisnis kecil yang telah berinvestasi dalam keberadaan digital mereka, sebagai etalase utama mereka. Facebook, kata Zuckerberg, sedang mengerjakan sejumlah cara untuk memperdalam pengalaman ini, membantu orang membeli item dan layanan langsung di dalam aplikasi.

"Namun secara keseluruhan, bisnis kami bergantung pada keberhasilan bisnis kecil, jadi ini adalah momen di mana kami merasa bahwa kami berada pada posisi yang tepat untuk menjadi juara bagi kepentingan bisnis kecil dan pendukung infrastruktur penting yang akan mereka butuhkan untuk online," jelas Zuckerberg.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement