Kamis 17 Sep 2020 21:57 WIB

Samuel L Jackson Jadi Pengisi Suara Alexa Amazon

Samuel L Jackson menambahkan 30 ribu frasa baru ke alam Alexa Amazon.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Samuel L Jackson menambahkan 30 ribu frasa baru ke alam Alexa Amazon (Foto: Samuel L Jackson)
Foto: AP
Samuel L Jackson menambahkan 30 ribu frasa baru ke alam Alexa Amazon (Foto: Samuel L Jackson)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Samuel L Jackson baru saja menambah 30 ribu frasa baru untuk Alexa voice, produk asisten virtual Amazon yang diklaim memiliki suara ‘paling’ mirip manusia. Aktor yang dikenal karena kebiasaan berkata kasar dan kotor dalam film-film yang dibintangi itu merupakan seleb pertama yang menjadi pengisi suara Alexa.

Suara aktor kawakan di Alexa diperkenalkan tahun lalu. Sementara frasa yang baru ditambahkan kali ini mencakup berbagai lelucon, kata kasar, cerita, konten dan lainnya.

Baca Juga

Ditambahkannya puluhan ribu frasa itu memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan Jackson, seolah-olah berbicara secara langsung. Pelanggan juga bisa mendapatkan suara “bangun” dari Alexa Jackson bahkan bisa menyapa alat canggih itu dengan mengatakan “Hai, Samuel”.

Yang paling unik, Alexa Jackson ini juga bisa melakukan roasting, teknik melucu yang digunakan untuk meledek lawan. Jadi jika Anda mengatakan “Hai Samuel, roasting aku” maka Jackson akan membalas dengan lelucon gokil, semisal “Mengapa kamu ingin dipanggang? Memangnya kamu bisa mengatasinya? Aku akan mengabaikan permintaanmu, karena jika aku benar-benar memanggang mu, kamu akan menyesal karena pantatmu akan hancur”.

 

Jawaban Jackson yang mengartikan roasting secara harfiah (roasting artinya panggang) cukup mampu mengocok perut pengguna Alexa Jackson tersebut.

Menurut Amazon, 74 persen konsumen yang menggunakan Alexa Jackson mengaktifkan mode eksplisit kata-kata kotor itu. Setelah peluncuran perdana tahun lalu, penggemar memang meminta agar ditambahkan bahasa yang lebih kotor lagi. Namun bagi pengguna yang merasa terganggu, Anda juga dapat menonaktifkan mode eksplisit pada Alexa Jackson tersebut.  

Bagi Amazon, memperbanyak frasa untuk asisten virtual Alexa Jackson diharapkan bisa mendongkrak penjualan. Menurut perusahaan riset eMarketer, Amazon Echo adalah speaker pintar dominan di industri memegang sekitar 70 persen pangsa pasar speaker pintar AS, diikuti oleh perangkat Google sebesar 32 persen.

“Pelanggan senang memiliki Samuel L Jackson di perangkatnya, dan itulah mengapa kami sangat bersemangat untuk meluncurkan frasa baru untuk Jackson. Tentunya ini semakin memudahkan pelanggan untuk mengakses pengalaman hebat ini,” kata Toni Reid, VP Alexa Experience Amazon dan perangkat Echo seperti dikutip dari Variety, Kamis (17/9).

Tahun depan, Alexa akan menambahkan lebih banyak selebriti untuk mengisi suaranya di Alexa. Pada awal 2021, Amazon berencana meluncurkan Alexa voice untuk bintang Bollywood Amitabh Bachchan dan dua seleb kawakan AS yang namanya masih dirahasiakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement