Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Kemnaker Terima 2,8 Juta Data Calon Penerima BSU Tahap IV

Kamis 17 Sep 2020 17:25 WIB

Red: Fuji Pratiwi

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Kementerian Ketenagakerjaan menerima tambahan data 2,8 juta calon penerima bantuan subsidi upah.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. Kementerian Ketenagakerjaan menerima tambahan data 2,8 juta calon penerima bantuan subsidi upah.

Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Dengan tambahan tersebut, terdapat 11,8 juta pekerja sudah dan akan menerima BSU.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima 2,8 juta data calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) tahap IV dari BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dan melakukan pemeriksaan ulang data tersebut.

"Kemarin kami menerima data baru dari BPJS Ketenagakerjaan untuk 2,8 juta calon penerima, mudah-mudahan proses tahap IV ini sesuai juklaknya mulai hari ini kita akan melakukan pengecekan," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat menemui penerima BSU di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (17/9).

Sesuai petunjuk teknis penyerahan BSU, Kemnaker memiliki waktu maksimal empat hari untuk melakukan pemeriksaan ulang data yang diterima dari BPJS Ketenagakerjaan itu. Setelah melakukan pemeriksaan data, Kemnaker kemudian akan menyerahkannya ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk dicairkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai penyalur.

Dengan penambahan 2,8 juta data untuk tahap IV tersebut maka total terdapat 11,8 juta pekerja sudah dan akan menerima subsidi gaji. Rinciannya, tahap I diberikan ke 2,5 juta orang, tahap II ke 3 juta orang, dan tahap III ke 3,5 juta orang.

Pemerintah sebelumnya menargetkan 15,7 juta pekerja dengan pendapatan di bawah Rp 5 juta akan menerima subsidi upah tersebut. Untuk tahap III proses penyerahan BSU dengan total Rp 1,2 juta untuk dua bulan itu sudah mulai dilaksanakan prosesnya pada pekan ini.

"Tahap III sudah kita mulai transfer sejak kemarin untuk 3,5 juta pekerja," ucap Ida.

Menurut data Kemnaker, sampai dengan 14 September 2020 penyaluran subsidi tahap I dan tahap II telah diberikan kepada 5,45 juta penerima atau 99,1 persen dari total penerima tahap I dan tahap II sebanyak 5,5 juta orang.

 

 

Baca Juga

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB