Kamis 17 Sep 2020 08:50 WIB

Gubernur Antarkan Jenazah Ketua MUI Kalteng ke Rumah Duka

Ketua MUI Kalteng sempat dirawat selama dua pekan di RSUD Doris Sylvanus.

Gubernur Antarkan Jenazah Ketua MUI Kalteng ke Rumah Duka
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Gubernur Antarkan Jenazah Ketua MUI Kalteng ke Rumah Duka

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus, Kota Palangka Raya, begitu mendapat informasi Ketua Majelis Ulama Indonesia provinsi setempat KH Anwar Isa meninggal dunia.

Sugianto ikut mendampingi keluarga mengantarkan jenazah KH Anwar Isa ke rumah duka di kompleks Perumahan Kampung Baru, Kota Palangka Raya. "Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Atas nama pribadi dan pemerintah provinsi, kami turut berduka atas wafatnya Ketua MUI Kalteng, Ayahanda KH Anwar Isa," kata Sugianto saat berada di ruang ICU RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya, Rabu (16/9).

Baca Juga

Dia mengaku sangat kehilangan dengan meninggalnya KH Anwar Isa yang juga Rois Syuriyah PWNU Kalteng tersebut. Menurut Sugianto, KH Anwar Isa merupakan panutan bagi umat dan masyarakat Kalteng, sekaligus guru bagi dirinya.

"Masyarakat kehilangan sosok beliau yang baik dan guru sekaligus orang tua bagi semua golongan dalam menjaga kerukunan antarumat beragama. Beliau adalah tokoh panutan masyarakat," katanya.

KH Anwar Isa yang juga imam besar Masjid Nurul Islam tersebut wafat di usia 74 tahun. Sebelum meninggal dunia, almarhum sempat dirawat selama dua pekan di RSUD Doris Sylvanus. Almarhum rencananya dimakamkan di kompleks pemakaman Muslim, Bengaris, Kota Palangka Raya, Kamis (17/9).

Sebelum meninggal, Sugianto sempat mengunjungi ruangan tempat dirawatnya KH Anwar Isa, Selasa (16/9). Selama hidupnya, selain menjadi pemersatu umat dan juga panutan masyarakat, KH Anwar Isa juga rutin menjadi imam sholat di Masjid Raya Nurul Islam.

Berdasarkan penuturan Wahyu Alfian, salah seorang warga kampung baru yang biasa shalat di masjid tersebut, KH Anwar Isa dalam sebulan terakhir sudah jarang memimpin shalat. Dia mengatakan, dalam satu bulan terakhir jarang terlihat memimpin shalat karena mengalami sakit dan dirawat di rumah sakit.

Sesekali saat sudah mulai membaik dan pulang ke rumah, almarhum melaksanakan shalat di masjid. "Sebelum beliau masuk rumah sakit, beberapa kali ikut shalat berjamaah dan menjadi imam. Namun setelah itu beliau diketahui sakit dan dirawat di rumah sakit," kata Wahyu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement