Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

PSBB, Transjakarta Ubah Waktu Operasional

Kamis 17 Sep 2020 07:05 WIB

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad

Sejumlah calon penumpang mengantre menunggu bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Senin (14/9). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi jumlah penumpang dan waktu operasional   transportasi umum seperti transjakarta, MRT, LRT, dan KRL maksimal 50 persen dari kapasitas full pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total mulai hari ini hingga 27 September 2020 mendatang. Republika/Thoudy Badai

Sejumlah calon penumpang mengantre menunggu bus transjakarta di Halte Harmoni, Jakarta, Senin (14/9). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi jumlah penumpang dan waktu operasional transportasi umum seperti transjakarta, MRT, LRT, dan KRL maksimal 50 persen dari kapasitas full pada pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total mulai hari ini hingga 27 September 2020 mendatang. Republika/Thoudy Badai

Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang diminta menerapkan 3M dan mematuhi arahan petugas di lapangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Transjakarta melakukan penyesuaian operasional, menyusul pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dengan mekanisme ketat. Penyesuaian tersebut terutama berupa adanya perubahan waktu operasional layanan Transjakarta yang dipersingkat selama masa PSBB berlangsung. 

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta, Prasetia Budi mengatakan, pihaknya menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta terkait penerapan pola operasional Transjakarta selama penerapan PSBB ketat untuk mengendalikan Covid-19. 

Pemberlakuan penyesuaian pola operasional Transjakarta tersebut akan berlaku mulai 17 September 2020 hingga 27 September 2020. Dalam hal ini, lanjut Prasetia, Transjakarta memberlakukan empat hal. 

Pertama, perubahan waktu operasional. Pada 17-20 September 2020 Transjakarta beroperasi mulai pukul 05.00 sampai 20.00 WIB. Lalu pada 21-27 September 2020 beroperasi mulai pukul 05.00 hingga 19.00 WIB. Sebelumnya diketahui waktu operasional Transjakarta yakni dari pukul 05.00 sampai 22.00 WIB. Artinya waktu operasionalnya dibatasi. 

Kedua, rute yang beroperasi tidak berubah. Ketiga, melakukan evaluasi setiap dua hari terhadap rute yang dioperasikan untuk dilakukan penyesuaian kembali. Keempat, memastikan tidak ada penumpukan di halte maupun di dalam bus pada setiap rute. "Pelanggan kami harap untuk tetap di rumah saja apabila tidak ada kebutuhan mendesak, menjaga kesehatan diri dan keluarga," kata Prasetia, Rabu (16/9). 

Jika memang ada kebutuhan mendesak dan menggunakan layanan Transjakarta, dia meminta pelanggan benar-benar menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. 

Prasetia juga meminta kesadaran pelanggan untuk tetap mendengarkan arahan petugas. "Jika kapasitas sudah 50 persen pada saat peak hour (jam sibuk), dan petugas kami sudah membatasi, kami harap pelanggan tetap bersabar untuk menunggu bus berikutnya dan mengikuti arahan petugas," tuturnya. Eva Rianti 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA