Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Diapresiasi, Tempat Tes Swab Gratis di Surabaya

Kamis 17 Sep 2020 05:40 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Hiru Muhammad

Labkesda ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarkat Surabaya

Labkesda ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarkat Surabaya

Foto: humas Pemkot Surabaya
Laboratorium ini akan menjadi tempat tes swab gratis bagi warga Kota Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–-Ketua Komisi D DPRD Surabaya, Khusnul Khotimah mengapresiasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharinni yang baru saja meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang berada di Jalan Gayungsari, Surabaya, Selasa (15/9). Di laboratorium tersebut, warga Surabaya bisa melakukan usap (swab) Covid-19 secara gratis. Adapun warga luar Surabaya hanya dikenakan biaya Rp125.000.

"Ke depan, Labkesda ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarkat Surabaya," kata Khusnul di Surabaya, Rabu (16/9).

Politikus PDI Perjuangan tersebut menjelaskan, pihaknya telah melihat kondisi Labkesda yang mempunyai kapasitas pemeriksaan sampel 2.000-4.000 per hari tersebut. Menurutnya, keberadaan Labkesda menjadi penting untuk memastikan layanan kesehatan masyarakat Surabaya berjalan dengan baik.

"Semua itu dilakukan untuk memastikan layanan kesehatan masyarakat ini dapat berjalan dengan semestinya. Semuanya sudah oke," kata Khusnul.

Khusnul menambahkan, kunci penanganan Covid-19 adalah tes, tracing (penelusuran), treatment, dan isolasi. Keberadaan tes swab gratis ini memudahkan deteksi persebaran Covid-19, sehingga bisa dengan cepat dilakukan tracing, treatment, dan isolasi.

”Apalagi ini sistemnya kan sudah terintegrasi ya. Warga yang positif bisa segera dilakukan langkah-langkah penelusuran, treatment sesuai protokol, dan bila dimungkinkan ada isolasi di fasilitas yang disediakan Pemkot Surabaya,” kata dia.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini meresmikan Laboratorium Kesehatan Daerah Surabaya di Jalan Gayungsari nomor 124, Surabaya, Selasa (15/9). Laboratorium ini akan menjadi tempat tes swab gratis bagi warga Kota Surabaya. Risma berharap warga Surabaya yang sering bolak-balik ke luar kota, melakukan tes laboratorium tersebut terlebih dahulu, sebelum pulang ke rumah.

“Seperti para sopir atau pengusaha yang sering ke luar kota dan mungkin datangnya malam-malam, saya harap sebelum masuk rumah tes dulu di sini. Karena ini buka 24 jam nonstop. Supaya kalau masuk ke rumahnya sudah dalam kondisi aman, kasihan keluarganya nanti kalau tertular, apalagi ini tesnya gratis untuk warga Kota Surabaya,” kata Risma.

Risma melanjutkan, bagi warga luar Surabaya atau bukan KTP Surabaya, tetap bisa menjalani tes swab di laboratorium tersebut. Namun, dikenakan biaya sebesar Rp 125 ribu. Pengenaan biaya ini sesuai Perda untuk biaya pemeriksaan. “Meski peralatannya kami diberi BNPB dan swasta, tapi dalam Perda kami ada ketentuan biaya Rp 125 ribu itu. Saya kira itu sudah sangat murah sekali,” ujar Risma.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA