Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Saturday, 2 Safar 1442 / 19 September 2020

Terkait Sosok Sekda Saefullah, Ini Kata Sandiaga 

Rabu 16 Sep 2020 21:32 WIB

Rep:  Eva Rianti/ Red: Agus Yulianto

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Sosok Sekda Saefullah merupakan pribadi yang inspiratif dan dekat dengan masyarakat. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan rasa dukanya yang mendalam atas berpulangnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah pada hari ini, Rabu (16/9) akibat Covid-19. Dia menyebut, sosok Sekda Saefullah merupakan pribadi yang inspiratif dan dekat dengan masyarakat.  

Sandi menceritakan hubungannya dengan Sekda Saefullah yang terbilang tidak singkat, dimulai dari saat ia banyak berurusan dengan Pemprov DKI sebagai pengusaha. Dengan waktu mengenal yang cukup panjang itu, Sandi tak menampik bahwa Sekda Saefullah merupakan birokrat berpengalaman yang prestatif serta solutif. 

"Beliau terkenal sebagai birokrat paling berpengalaman, kariernya dari bawah sekali, dari seorang guru, guru SD tepatnya. Dan beliau terus meningkat kariernya sampai akhirnya ada di jajaran tertinggi dan merupakan ASN tersenior dalam usianya yg cukup muda sebagai Sekda," ujar Sandi, Rabu (16/9). 

Di matanya, Sekda Saefullah juga seorang yang selalu hadir di tengah masyarakat DKI Jakarta. "Pada saat saya mulai berkeliling wilayah Jakarta untuk menawarkan satu gagasan di tahun 2015-2016, nama Pak Sekda ini selalu muncul sebagai seorang birokrat yang sangat dihormati, selalu solutif, dan konkrit dalam menyelesaikan masalah, dekat dengan masyarakat. Dan selalu hadir di tengah-tengah warga Jakarta," ungkapnya. 

Sandi melanjutkan, setelah mengikuti proses Pilkada dan dilantik sebagai orang kedua di DKI Jakarta, ia berkesempatan bekerja hampir satu tahun bersama dengan Sekda Saefullah. "Di sinilah saya lihat dia adalah man of action. Orang yang mampu bekerja secara diam-diam, tidak terlalu gembar gembor, tidak terlalu mencari istilahnya headline, tapi selalu selesaikan masalah," tuturnya. 

Prestasi DKI Jakarta dalam menyelesaikan sejumlah masalah pelik dan rumit, kata Sandi, tidak terlepas dari peran Sekda Saefullah yang dinilai memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik dengan sejumlah stakeholder. 

Sandi juga menilai, pribadi Sekda Saefullah sebagai orang yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kegiatan perekonomian. "Beliau memiliki kepedulian luar biasa terhadap pergerakan ekonomi Jakarta, terutama di akar rumput. Beliau berpihak pada penciptaan lapangan kerja, sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang membangkitkan ekonomi UMKM," kenangnya.

Dengan segala peran besar yang dilakukan Sekda Saefullah terhadap Jakarta, Sandi mengungkapkan, bahwa Jakarta sangat kehilangan sosoknya. "Karya beliau akan terus bersama kita hari ini. Kita kehilangan tokoh birokrat terbaik yang bangsa ini pernah miliki, Bapak Saefullah," terangnya. 

Dia menambahkan, Sekda Saefullah menjadi inspirasi bagi rekan-rekan ASN di Pemprov DKI Jakarta dan menjadi teladan bagi semua. "Selamat jalan Pak Haji Saefullah, semoga Allah memberi ridho," tutup Sandi.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA