Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Anjuran dan Larangan untuk Mengobati Luka HS di Rumah

Rabu 16 Sep 2020 19:08 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Hidradenitis Suppurativa (HS) (ilustrasi)

Hidradenitis Suppurativa (HS) (ilustrasi)

Foto: skincarebeautyzone.com
Penting untuk mandi teratur dan mengoleskan antiseptik topikal di luka Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luka yang disebabkan oleh hidradenitis suppurativa (HS) memerlukan perhatian khusus saat sembuh. HS adalah kondisi yang menyebabkan benjolan nyeri di bawah kulit di akar rambut di dekat beberapa kelenjar keringat.

Abses yang disebabkan oleh HS dapat mengeluarkan darah dan nanah dan pada kasus yang parah. Seperti dilansir di laman Health Central, Rabu (16/9), dokter Anda dapat membantu mengeringkannya jika diperlukan. Namun Anda harus memiliki rencana perawatan harian untuk menjaga kebersihan luka karena itu merupakan kunci pemulihan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memiliki luka yang disebabkan oleh HS:

1. Kurangi bau tak sedap

Ingatlah bahwa HS sama sekali tidak ada hubungannya dengan kebersihan yang buruk. Anthony Fernandez, MD, direktur dermatologi medis dan rawat inap di Cleveland Clinic di Ohio mengatakan bau yang tidak sedap dapat membuat HS tidak dapat disembunyikan dari orang lain. Merawat luka dengan cermat membantu penyembuhan, mencegah infeksi, dan mengurangi bau tak sedap.

2. Jaga kebersihan

Rencana pengobatan HS di rumah berfokus pada pengendalian gejala dan mungkin melibatkan krim antibakteri yang diresepkan oleh dokter, pereda nyeri, antibiotik, dan obat antiradang. Ada juga beberapa terapi alternatif.

"Apa yang dilakukan orang di rumah sangat bergantung pada tingkat keparahan luka yang mereka alami," kata dr Fernandez.

Tidak peduli seberapa parah HS Anda, dia menekankan pentingnya mandi teratur dan mengoleskan antiseptik topikal seperti Hibiclens (klorheksidin) yang dijual bebas atau Cleocin (klindamisin) yang diresepkan langsung ke luka Anda.

3. Gunakan pembalut luka terbaik

Perban luka berkualitas adalah bagian penting dari perawatan di rumah karena hal itu dapat membuat atau menghancurkan kualitas hidup Anda. Pembalut semacam itu tidak hanya meningkatkan penyembuhan. Untuk jenis tertentu bagus dalam menyerap cairan bau dan menjaga pakaian Anda tetap kering yang membantu meminimalkan rasa malu.

4. Bersihkan luka

"Bagaimana Anda menggunakan pembalut luka Anda sebagian besar tentang preferensi pribadi Anda," kata Christopher Sayed, MD, profesor dermatologi di University of North Carolina di Chapel Hill.

Menurut dia, cara paling mudah untuk membersihkan luka yaitu saat mandi. Namun jika Anda ingin melakukannya secara terpisah, hal itu tidak masalah.


5. Jaga diri sendiri

Saat merawat luka Anda, jangan abaikan bagian tubuh lainnya atau pikiran Anda. Karena lipatan kulit berlebih dapat memperparah luka HS Anda, cobalah untuk bergerak lebih banyak (bahkan jalan cepat setiap hari dapat membantu) dan mengonsumsi makanan antiinflamasi yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Jika memungkinkan, kenakan pakaian longgar untuk meredakan gesekan dan nyeri. "Untuk beberapa pasien, ini membantu mengurangi aktivitas penyakit," kata dr Fernandez.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA