Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Sunday, 3 Safar 1442 / 20 September 2020

Penyanyi Jade Thirlwall Menyesal Pernah Malu Berdarah Arab

Rabu 16 Sep 2020 11:39 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani

 Jade Thirlwall

Jade Thirlwall

Foto: EPA
Jade Thirlwall kerap malu dan merasa diintimidasi karena keturunan Arab

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Penyanyi Little Mix, Jade Thirlwall mengungkapkan bahwa dirinya kerap malu dan merasa diintimidasi karena memiliki darah dan keturunan Arab. Tapi saat ini, setelah ia dewasa, Jade mengaku menyesal dan secara terang-terangan mengungkapkan identitasnya sebagai keturunan Arab melalui majalah Vogue Arabia.

Jade (27 tahun) berujar, kakek dari Ibunya adalah orang Yaman dan neneknya adalah orang Mesir. Jade merupakan keturunan Yaman-Mesir. Ia tumbuh dengan menutupi identitasnya tersebut dan kini mulai menyesalinya.

"Saya telah menyembunyikan siapa saya karena saya tidak bangga. Saya telah diintimidasi sehingga berpikir saya malu dengan identitas saya, jadi saya tidak banyak berbicara tentang asal usul saya dalam wawancara. Itu membuat saya sedih memikirkannya saat ini," cerita Jade dilansir dari Arabnews pada Rabu (16/9).

Jade yang selama wawancara ditemani ibunya mengatakan, bahwa saat ini ia ingin seluruh dunia tahu bahwa ia adalah keturunan Arab. Ia juga mengungkapkan, keengganannya dulu untuk mengakui warisannya adalah karena kurangnya representasi budayanya saat ia tumbuh dewasa.  

“Ketika saya masih muda, saya tidak melihat cukup banyak representasi orang Arab di majalah atau di TV, dan ketika saya melihat orang-orang yang mirip kakek saya, mereka selalu disalah artikan. Saya menyesal sekarang karena saya tidak menjelaskan lebih banyak, tetapi saya masih muda dan takut. Saya mencoba untuk menebusnya sekarang,” ujar pelantun lagu Holiday itu.

Jade kembali mengenang sepenggal kisahnya dengan kakeknya yang kerap menyanyikan lagu-lagu Arab untuknya. Ia juga sempat mengikuti sekolah Islam saat masih anak-anak.

Mantan finalis X-Factor 2011 itu mengatakan, meskipun tidak pernah mengungkapkan asal usulnya di awal mula karirnya, ia ingin menebusnya. Ia saat ini ingin membuka kepada publik tentang siapa dirinya bahkan juga mulai belajar bahasa Arab.

"Sebagai orang yang sudah dewasa, saya ingin lebih terhubung dengan asal saya -Arab. Menjadi orang Arab adalah hal yang indah," ujarnya.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA