Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Wednesday, 6 Safar 1442 / 23 September 2020

Prodi Ilmu Komunikasi UMS Raih Akreditasi A BAN PT

Rabu 16 Sep 2020 11:31 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Gedung Induk Siti Walidah kantor pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Gedung Induk Siti Walidah kantor pusat Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Foto: Republika/Binti Sholikah
Prodi Ilmu Komunikasi UMS sedang mempersiapkan perubahan kurikulum.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO - Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mendapat nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Proses akreditasi telah dilakukan beberapa waktu lalu secara daring dan nilai dikeluarkan oleh BAN PT pada Selasa (15/9).

Rektor UMS, Sofyan Anif, mengatakan, hasil nilai A itu tidak didapatkan secara instan. Melainkan butuh proses yang panjang baik yang dilakukan oleh task force di tingkat prodi, fakultas dan universitas.

"Untuk tim dari universitas itu diwakili oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LJM) yang betul-betul bertugas untuk menjamin kualitas (mutu) pendidikan yang ada di UMS, termasuk prodi Ilmu Komunikasi," kata Sofyan Anif, seperti tertulis dalam siaran pers, Rabu (16/9).

Sofyan Anif menyatakan bangga karena Prodi Ilmu Komunikasi UMS merupakan prodi favorit yang sudah digadang-gadang berakreditasi A sejak lima tahun lalu, tetapi baru mendapat akreditasi A tahun ini.

"Ke depannya, prodi ini harus dijaga komitmennya. Komitmen kebersamaan dosennya agar lebih produktif saling bantu membantu. Karena kerja sama tim itu jauh lebih bagus dari pada kerja individu," kata Guru Besar Bidang Pendidikan tersebut.

Sementara itu, Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi, Dian Purworini, menyatakan bersyukur atas perolehan nilai yang unggul tersebut. Dian mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan dari berbagai pihak mulai dari Universitas, LJM, Fakultas, Dosen, Tenaga Pendidik (Tendik) KA Unit dan lain sebagainya.

Meski telah resmi berakreditasi A, Dian mengaku tidak berpuas diri. Dirinya bersama dengan task force yang ada di Prodi sedang mempersiapkan perubahan kurikulum.

"Ke depannya kami akan membuka konsentrasi peminatan yang menarik dan sesuai kebutuhan pasar. Selain itu, kami  terus berusaha meningkatkan kualitas  mahasiswa agar menjadi lulusan dengan daya saing tinggi agar semakin berprestasi dan cepat mendapatkan pekerjaan atau menciptakan lapangan kerja sesuai yang mereka inginkan," kata dia.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA