Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Lelang Gitar Bass The Rolling Stone Pecahkan Rekor

Rabu 16 Sep 2020 06:48 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah

Mantan pemain bass The Rolling Stone, Bill Wyman, bersama gitas bass saat tampil dengan The Rolling Stones.

Mantan pemain bass The Rolling Stone, Bill Wyman, bersama gitas bass saat tampil dengan The Rolling Stones.

Foto: Wikimedia
Gitar Bass Bill Wyman terjual Rp 5,7 M, jadi bass termahal yang pernah dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Mantan pemain bass band rock legendaris The Rolling Stone, Bill Wyman, melelang seribu lebih item arsip miliknya di acara Lelang Julien di Beverly Hills, California, AS. Gitar bass yang pernah ia pakai bersama The Rolling Stone laku dengan harga lelang paling tinggi, yaitu 384 ribu dolar AS atau sekitar Rp 5,7 miliar.

Fender Mustang Bass 1969 dengan finishing oranye itu digunakan oleh Wyman untuk konser dan rekaman Rolling Stones pada tahun 1969 dan 1970. Menurut juru lelang, gitar bass itu memecah rekor bass termahal yang pernah dijual di lelang.

Ada banyak item yang dilelang oleh Wylan, termasuk alat musik, amplifier, penghargaan dan barang-barang koleksi pribadi. Semua item yang dilelang memuat kisah perjalanan selama 30 tahun berkarir dengan The Rolling Stone kemudian karir solonya.

Barang milik Wyman lainnya yang mencapai harga rekor dunia adalah amplifier model VOX AC30 tahun 1962. Itu laku dilelang seharga 106 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,57 miliar.

Amplifier digunakan secara luas oleh Rolling Stones, dan juga telah memainkan peran penting dalam bergabungnya Wyman dengan band. Harga amplifier yang dilelang Wyman mengalahkan penjualan gabungan dua amplifier yang dimiliki David Gilmour dari Pink Floyd, yang di lelang pada 2019 seharga 77 ribu dolar AS.

“Lelang ini menjadi rekor dan hasilnya di luar dugaan. Lelang sempat ditetapkan pada Mei tetapi tertunda di tengah pandemi COVID-19,” kata juru lelang seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (16/9).

Dudukan toilet mewah berwarna kuning yang dicetak dengan logo lidah khas Rolling Stones juga terjual dengan harga fantastis yaitu 1,252 dolar AS atau sekitar Rp 18,5 juta, menjadikannya sebagai dudukan toilet paling mahal yang dijual di lelang.

Item lain milik Wyman yang dijual di lelang antara lain bass Ted Newman Jones Short-Scale terjual 24.300 pound sterling atau sekitar Rp 465 juta. Lalu Framus Star Bass awal 1960-an terjual 39.850 pound sterling atau sekitar Rp 762 juta dan keyboard model Mellotron MKII terjual 63.200 pound sterling atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Wyman yang kini berusia 83 tahun mengatakan bakal menyumbangkan sebagian dari hasil penjualannya ke grup amal favoritnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA