Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Friday, 6 Rabiul Awwal 1442 / 23 October 2020

Gubernur Sumut: Datang ke Nias Harus Bawa Hasil Tes Usap

Selasa 15 Sep 2020 22:51 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Foto: Republika/Mimi Kartika
Pemprov memperketat penerapan protokol Covid-19 di Nias.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Rencana Pemerintah Provinsi Sumatra Utara untuk mengisolasi Kepulauan Nias tidak akan diikuti dengan penutupan akses masuk dan keluar pulau tersebut. Namun warga yang hendak pergi ke pulau tersebut diwajibkan membawa surat keterangan hasil pemeriksaan tes usap.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Selasa mengatakan bahwa transportasi dari bandara dan pelabuhan akan tetap berjalan, namun warga yang hendak pergi ke Pulau Nias diwajibkan untuk membawa surat keterangan hasil pemeriksaan tes usap atau swab test Covid-19.

"Setelah kita koordinasikan, Nias ini, nanti kita arahkan penumpangnya yang kita isolasi, dia harus membawa surat swab. Jadi, pesawat tidak bisa kita tahan, tetapi tuntutannya dia harus bawa keterangan swab, atau yang kedua kita akan lakukan isolasi di Nias sana," katanya.

Baca Juga

Meski tetap dibuka, Gubernur mengatakan akan memperketat protokol kesehatan di daerah tersebut. Selain itu, juga dibangun posko terpadu yang akan menangani permasalahan Covid-19 di sana."Pelabuhan dan bandara tetap berjalan, tetapi yang boleh menggunakan itu adalah orang kesehatan, orang keamanan. Yang tidak, kami berlakukan untuk swab, tetapi tetap dilakukan isolasi. Jadi, kalau anda mau berangkat ke Nias, diperlakukan seperti itu," katanya.

Gubernur juga mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan bantuan logistik yang akan digunakan untuk warga yang diisolasi karena datang ke Pulau Nias."Ini sedang kita siapkan, tadi dirapatkan oleh Forkopimda. Untuk rakyat, untuk orang yang harus diisolasi, rakyat yang harus dirawat ini akan disiapkan logistiknya," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA