Thursday, 7 Safar 1442 / 24 September 2020

Thursday, 7 Safar 1442 / 24 September 2020

Abu Bakar dan Umar bin Khattab dalam Wasiat Rasulullah SAW

Selasa 15 Sep 2020 19:27 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah

Abu Bakar dan Umar bin Khattab disebutkan dalam wasiat Rasulullah SAW. Kaligrafi Muhammad SAW. Ilustrasi

Abu Bakar dan Umar bin Khattab disebutkan dalam wasiat Rasulullah SAW. Kaligrafi Muhammad SAW. Ilustrasi

Foto: .
Abu Bakar dan Umar bin Khattab disebutkan dalam wasiat Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah Muhammad SAW mengisyaratkan Abu Bakar dan Umar bin Khattab menjadi rujukan dalam segala hal termasuk masalah pemerintahan setelah beliau meninggal.   

Baca Juga

Wasiat Rasulullah bahwa setelah beliau meninggal, Abu bakarlah yang akan memerintah kaum Muslimin. Ibnu Katsir dalam kitabnya "Huru-Hara Kiamat" hasil terjemaahan Anshori Umar Sitanggal dan  Imron Hasan menukilkan sebuah riwayat dari Shahib Bukhari dan Muslim:

أَتَتِ امْرَأَةٌ النبيَّ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ، فأمَرَهَا أنْ تَرْجِعَ إلَيْهِ، قَالَتْ: أرَأَيْتَ إنْ جِئْتُ ولَمْ أجِدْكَ؟ كَأنَّهَا تَقُولُ: المَوْتَ، قَالَ صَلَّى اللهُ عليه وسلَّمَ: إنْ لَمْ تَجِدِينِي فَأْتي أبَا بَكْرٍ

Ketika itu Nabi Muhammad SAW pernah didatangi seorang perempuan. Beliau menuliskan kepada peremupuan itu, "Pulang lah kamu!"  

Perempuan itu berkata, "Katakanlah, bagaimana kalau Tuan tidak aku temukan lagi?" Seolah-olah ia dapat merasakan bahwa ajal Nabi SAW hampir tiba. "Kalau kamu tidak menemui aku lagi, maka datanglah kepada Abu Bakar," Jawab beliau.

Dan ternyata benar, bahwa yang memerintah umat Muslim setelah beliau meninggal adalah Abu bakar. Begitu pula, sabda beliau ketika hendak menulis surat wasiat bahwa Abu bakar yang akan menggantikan kedudukan beliau sebagai khalifah tetapi tidak jadi karena beliau tahu para sahabatnya takkan berpaling dari Abu Bakar.  

Dan hal itu karena mereka mereka mengakui keunggulan dan keutamaan Abu bakar sebagai orang yang pertama-tama masuk Islam.  Sabda beliau yang dimaksud ialah: يَأْبَى اللَّهُ وَالْمُؤْمِنُونَ إِلَّا أَبَا بَكْرٍ ”Allah dan orang-orang mukmin menolak selain Abu Bakar."

Dan begitulah kenyataannya. Dan hadits ini terdapat pula dalam kitab shahih dan sabda Rasulullah: اقْتَدُوا بِاللَّذَيْنِ مِنْ بَعْدِي: أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ "Patuhlah kamu sekalian kepada dua orang sepeninggalanku Abu bakar dan Umar bin Khattab." 

Hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Majah dan Tirmidzi, derajatnya hasan Sedangkan menurut Ibn al-Yaman, hadits ini sahih dan hadits ini telah diriwayatkan pula dari sanad Ibnu Umar dan Abu Darda.

“Masalah ini telah kami bicarakan panjang lebar dalam kitab Fadhail As- Shahihain yang intinya bahwa apa yang diisyaratkan Rasulullah SAW benar-benar terjadi yakni Abu bakar AS menjadi khalifah sepeninggal Rasulullah kemudian disusul Umar bin Khattab sama persis seperti yang diberitakan sebelumnya oleh Rasulullah.   

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA