Selasa 15 Sep 2020 18:52 WIB

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Foto ilustrasi: Doa Selamat Dunia dan Akhirat. FOto: Berdoa. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Foto ilustrasi: Doa Selamat Dunia dan Akhirat. FOto: Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Membaca doa bagi umat Muslim merupakan anjuran agama. Sebab doa merupakan adab, pengharapan, permohonan manusia kepada Allah SWT. Salah satu doa yang perlu dibaca adalah doa meminta keselamatan di dunia dan akhirat.

Di tengah pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), membaca doa agar terhindar dari marabahaya sangat dianjurkan oleh para pemuka agama. Dalam buku Memahami Arti Bacaan Shalat karya M Masrur disebutkan doa tentang permohonan keselamatan dunia dan akhirat kepada Allah.

Doa tersebut berbunyi:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

“Allahumma inna nasaluka salamatan fi ad-dini wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan fi ar-rizqi wa taubatan qablal-mauti wa rahmatan indal-mauti wa maghfiratan ba’dal-mauti. Allahumma hawwin alaina fii sakaratil-mauti wannajata minannari wal-afwa indal-hisabi,”.

Yang artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu keselamatan di dalam beragama, dan kesehatan pada jasad (tubuh dan jiwa), dan limpahan ilmu, keberkahan dalam rizki, taubat sebelum kematian menyapa (datang), rahmat saat kematian tiba, dan ampunan setelah kematian itu terjadi,”.

“Ya Allah, mudahkanlah atas kami di dalam menempuh sakratul maut, berikanlah keselamatan dari siksa neraka, dan ampunan di hari hisab,”.

Doa ini dianjurkan dibaca di saat wirid usai shalat. Jika dalam sehari umat Muslim dapat membacanya sebanyak lima kali usai shalat fardhu, maka niscaya doa yang dihaturkan akan diijabah dengan sebaik-baiknya ijabah oleh Allah SWT di waktu yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement