Rabu 16 Sep 2020 01:05 WIB

Partai Merkel akan Gelar Kongres Cari Ketua Baru

Partai Merkel harus mendapatkan ketua baru pada tahun ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Ani Nursalikah
Partai Merkel akan Gelar Kongres Cari Ketua Baru. Kanselir Jerman Angela Merkel.
Foto: EPA-EFE/Mika Schmidt
Partai Merkel akan Gelar Kongres Cari Ketua Baru. Kanselir Jerman Angela Merkel.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Komite eksekutif partai berkuasa Jerman, Christian Democratic Union (CDU) akan menggelar kongres mencari ketua baru. Salah satu anggota komite yang ikut rapat pada Senin (14/9) mengatakan kongres itu hanya akan digelar satu hari.

Berdasarkan rencana komite eksekutif dan dewan CDU akan bertemu pada 3 Desember satu hari sebelum Kongres yang digelar pada 4 Desember. Peraturan CDU mengharuskan partai itu mendapatkan ketua baru pada tahun ini.

Baca Juga

Sebenarnya partai Kanselir Angela Markel itu berencana menggelar kongres selama tiga hari. Tapi pandemi virus corona memaksa mereka mengubah rencana.

Ketua dewan CDU yang baru akan berada di posisi terdepan kandidat kanselir dari partai tersebut. Dalam teorinya ketua partai sayap mereka di Bavaria, Christian Social Union (CSU) dapat maju sebagai calon kandidat dalam aliansi mereka yang dijuluki 'the Union'.

Merkel yang berkuasa sejak 2005 mengatakan ia tidak akan maju lagi dalam pemilihan umum pemerintah federal yang dijadwalkan pada Oktober 2021. Pada Februari lalu, ketua partai saat ini Annegret Kramp-Karrenbauer mengatakan ia tidak lagi ingin menjadi pengganti Merkel.

Ia menegaskan akan turun dari jabatannya sebagai ketua partai. Sejauh ini, Perdana Menteri negara bagian barat North Rhine-Westphalia Armin Lasche, bekas saingan Merkel, yakni Friedrich Merz dan pakar kebijakan luar negeri Norbert Roettgen maju dalam pemilihan ketua partai.

Laschet memposisikan dirinya sebagai kandidat yang dapat menjadi penerus Merkel. Semangatnya akan semakin tinggi setelah meraih kemenangan dalam pemilihan CDU di North Rhine-Westphalia pekan lalu. 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement