Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

10 Ribu Alquran akan Diwakafkan Lewat Platform Crowdfunding

Selasa 15 Sep 2020 17:43 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda

Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com, dan JNE mengajak masyarakat untuk turut berbagi kebaikan dengan mendonasikan Alquran melalu platform crowdfunding.

Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com, dan JNE mengajak masyarakat untuk turut berbagi kebaikan dengan mendonasikan Alquran melalu platform crowdfunding.

Foto: Yayasan Muslim Sinar Mas
Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar dunia masih menghadapi kekurangan Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Sinar Mas ke-82 tahun pada 3 Oktober nanti, Yayasan Muslim Sinar Mas melalui Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas bersama dengan BenihBaik.com, dan JNE mengajak masyarakat untuk turut berbagi kebaikan dengan mendonasikan Alquran melalu platform crowdfunding.

Setiap Alquran yang terkumpul dari donasi tersebut, jumlahnya akan digandakan oleh APP Sinar Mas dengan jumlah maksimal mencapai 10 ribu Alquran. Peluncuran program ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama antar pihak yang dilakukan melalui aplikasi Zoom hari ini. Turut menandatangani Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas Saleh Husin, dan founder BenihBaik.com Andy F. Noya.

Menurut Saleh Husin, Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, masih menghadapi masalah kurangnya ketersediaan Alquran. Dengan kebutuhan mencapai 4-5 juta mushaf per tahun, kemampuan pemerintah menyediakan Alquran baru sekitar 1 juta mushaf pertahun.

"Akibatnya, Kementerian Agama menyatakan sebanyak 65 persen umat Muslim Indonesia belum lagi mampu membaca Alquran," ungkap Saleh dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (15/9).

Itu sebabnya Yayasan Muslim Sinar Mas melalui APP Sinar Mas, bersama BenihBaik.com, dan JNE mengajak publik untuk turut berpartisipasi dalam program Wakaf Quran ini. Saleh menambahkan, ini juga sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Alquran di Tanah Air.

JNE akan menjadi pihak yang membantu distribusi Alquran. Presiden Direktur JNE, M. Feriadi mengatakan bahwa kerjasama JNE dengan BenihBaik.com dan APP Sinar Mas adalah sebagai bentuk nyata agar dapat mengajak dan memudahkan setiap orang dimana pun berada untuk bersedekah serta berbagi dalam rangka membantu sesama, sesuai dengan tagline JNE yaitu “Connecting Happiness”.

"Dengan kolaborasi bersama ini, JNE dapat semakin memaksimalkan upayanya untuk memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat," kata Feriadi.

Founder BenihBaik.com Andy F. Noya mengatakan upaya yang dilakukan Yayasan Muslim Sinar Mas, APP Sinar Mas, dan JNE akan sangat bermanfaat bagi kebaikan seluruh umat manusia. "Dari kolaborasi ini, kita belajar untuk berbagi dan melipat gandakan kebaikan. Bagi penerimanya kelak, kami di BenihBaik.com juga berharap bisa memberikan suri tauladan kebaikan untuk orang lain lagi," ujar Andy.

Baca Juga

Seluruh hasil yang didapatkan nantinya akan didistribusikan ke pondok-pondok pesantren di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Biaya untuk pengadaan satu buah Alquran ini senilai Rp 47 ribu.

Bupati Gunung Kidul, Badingah yang turut hadir dalam peluncuran program ini mengungkapan bahwa sekolah-sekolah di Gunung Kidul memang masih kekurangan Alquran. "Kami membutuhkan bantuan sekitar 17 ribu Alquran. Wakaf yang kami terima melalui program ini tentu saja sangat berarti dan kami sangat berterima kasih," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA