Selasa 15 Sep 2020 15:05 WIB

Ratusan Personel Polresta Cirebon Dites Swab

Swab test tersebut dilaksanakan sebagai langkah preventif jajaran Polres Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas kesehatan menyimpan sampel lendir saat tes usap (ilustrasi)
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Petugas kesehatan menyimpan sampel lendir saat tes usap (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Ratusan personel Polresta  Cirebon menjalani tes swab guna mendeteksi paparan Covid-19. Hal itu dinilai penting karena mereka berinteraksi dengan banyak orang. Tes swab itu dilaksanakan secara mandiri oleh petugas Urkes Polresta Cirebon, yang sebelumnya telah dilatih oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, swab test tersebut dilaksanakan sebagai langkah preventif jajarannya dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. "Ini langkah antisipasi karena personel Polresta Cirebon cukup berisiko karena sering berinteraksi dengan orang banyak saat memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujar Syahduddi, saat ditemui usai meninjau pelaksanaan tes swab di Urkes Polresta Cirebon, Selasa (15/9).

Baca Juga

Pelaksanaan tes swab itu juga dimaksudkan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat. Syahduddi mengatakan, Polresta Cirebon menjadi yang pertama melaksanakan tes swab mandiri. Pasalnya, rata-rata tes swab terhadap anggota Polri dilakukan oleh petugas Dinkes setempat.

Namun, Syahduddi mengakui, sampel spesimen tenggorokan personel Polresta Cirebon itu selanjutnya tetap dikirimkan ke Dinkes Kabupaten Cirebon untuk dilakukan uji laboratorium. Petugas Urkes Polresta Cirebon hanya melakukan proses pengambilan sampel tersebut.

"Pemeriksaan laboratoriumnya tetap dilakukan Dinkes. Data personel yang mengikuti tes swab juga diserahkan ke Dinkes. Semoga hasil tes swabnya negatif semua," tutur Syahduddi.

Sementara itu, Paurkes Polresta Cirebon, Ipda Ilyas, menyebutkan, saat ini sudah sekitar 100 personel Polresta Cirebon yang mengikuti tes swab. Dia menjelaskankan, tes swab itu dimulai dari personel yang bertugas di bidang pelayanan masyarakat.

"Misalnya, petugas SIM, STNK, BPKB, Samsat, SKCK, Sidik Jari, SPKT, Humas, dan lainnya. Kemudian nanti dilanjutkan terhadap personel satuan fungsi lainnya dan Polsek jajaran Polresta Cirebon," tandas Ilyas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement