Selasa 15 Sep 2020 13:08 WIB

Penjelasan Unesa Terkait Viralnya Video Ospek

Ospek Unesa viral karena memperlihatkan mahasiswa baru dibentak senior.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Negeri Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ketua Satuan Kehumasan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Vinda Maya Setianingrum menyatakan, pihaknya akan menyelesaikan secara internal terkait Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek yang viral di media sosial. Vinda mengakui video tersebut merupakan salah satu rangkaian PPKMB yang dilakukan di Unesa.

"Kami melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan pimpinan. Kami sudah mengidentifikasi seperti apa kronologinya dan itu memang video PKKMB  mahasiswa kami Rabu (9/9) lalu yang diadakan di fakultas masing-masing," kata Vinda di Surabaya, Selasa (15/9).

Vinda menjelaskan, PKKMB secara resmi dibuka pada Senin (7/9) oleh tujuh fakultas yang digelar secara daring. Adapun PKKMB yang viral di media soaial adalah yang dilakukan fakultas ilmu pendidikan.

"Kami baru tahu setelah viral karena tujuh fakultas ini melakukan PKKMB daring. Jadi kami memang tidak bisa melakukan pengawasan secara detail," ujarnya.

Vinda kembali menegaskan, tindakan yang akan ditempuh adalah penyelesaian secara internal. Hal itu dilakukan karena apa yang dilakukan mahasiswanya dan viral di media sosial terjadi di lingkup kampus. Dia juga menegaskan akan melakukan evaluasi secara mendetail terkait pelaksanaan PKKMB di Unesa.

"Kami sepakat sebagai institusi pendidikan tidak mengizinkan adanya kekerasan. Dan sangat menyayangkan adanya kekerasan baik langsung ataupun daring," ujarnya.

Vinda berjanji akan menindaklanjuti kejadi tersebut dan segera memanggil para mahasiswa tersebut.

"Akan kami tindak lanjuti dengan pemanggilan pada para Komdis (komisi disiplin) ini untuk mengetahui kronologinya karena setiap fakultas punya aturan masing-masing," kata dia.

Sebelumnya, pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) atau ospek Unesa yang digelar secara daring, Senin (14/9) semalam menjadi trending topik di media sosial. Itu setelah video berdurasi 30 detik berisi rangkaian PKKMB Unesa tahun 2020 itu diunggah oleh akun twitter @skipberat.

Dalam unggahan video tersebut terlihat mahasiswi baru (Maba) dibentak-bentak oleh senior mereka karena tidak memakai ikat pinggang. Maba sebenarnya sudah mencoba meperlihatkan ikat pinggang yang dikenakannya. Namun si senior berkata tidak melihatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement