Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Meksiko Terbitkan Obligasi Negara untuk Program SDGs

Selasa 15 Sep 2020 13:06 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Fuji Pratiwi

Bendera Meksiko (ilustrasi). Meksiko mengeluarkan obligasi negara pertama di dunia terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Bendera Meksiko (ilustrasi). Meksiko mengeluarkan obligasi negara pertama di dunia terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Pemerintah Meksiko tidak merinci bagaimana akan membelanjakan dana obligasi itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Meksiko mengeluarkan obligasi negara pertama di dunia terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin (14/9). Obligasi negara ini berhasil menghimpun 750 juta euro.

Baca Juga

Wakil Menteri Keuangan Meksiko, Gabriel Yorio, mengatakan, pengentasan ketimpangan, inklusi keuangan, dan kesenjangan gender termasuk di antara SDGs. "Meksiko adalah negara pertama yang menerbitkan obligasi pemerintah yang terkait dengan tujuan pembangunan berkelanjutan dari PBB," kata Yorio di Twitter seperti dilansir Reuters, Selasa (15/9).

Yorio menyatakan, Meksiko menjadi negara yang memulai program keuangan berkelanjutan. Meski begitu, Pemerintah Meksiko tidak merinci bagaimana akan membelanjakan uang yang dikumpulkan. Prospektus investasi awal obligasi tersebut memperingatkan bahwa tidak ada jaminan Meksiko akan melakukan pencairan untuk proyek yang memenuhi karakteristik PBB.

Obligasi tersebut merupakan bagian dari tren penerbitan utang yang sedang berkembang saat ini. Langkah ini bertujuan untuk mengumpulkan dana yang berupaya untuk mengatasi masalah sosial, lingkungan, dan lainnya.

Kementerian Keuangan Meksiko menyatakan bahwa obligasi berdenominasi euro memungkinkan Meksiko untuk memanfaatkan dana investasi internasional. Banyak negara Eropa yang bisa ikut tertarik karena berkomitmen untuk mendanai pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA