Selasa 15 Sep 2020 11:41 WIB

Makanan dan Minuman Alami Ini Bisa Cegah Penuaan Dini

Asupan makanan alami dipercaya bisa mencegah penuaan dini.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Asupan makanan alami dipercaya bisa mencegah penuaan dini (Foto: ilustrasi kulit sehat)
Foto: www.freepik.com
Asupan makanan alami dipercaya bisa mencegah penuaan dini (Foto: ilustrasi kulit sehat)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membuat kulit terlihat sehat dan cantik tidak bisa dilakukan hanya dalam semalam. Butuh upaya konstan dan konsisten, termasuk rangkaian perawatan dan pembersihan harian, juga asupan makanan alami yang menangkal penuaan dini sebagai berikut.

Alpukat

Baca Juga

Alpukat kaya lemak baik, zat antiperadangan, juga vitamin A, C, E, dan K. Kombinasi semua nutrisi itu mendukung tekstur kulit menjadi tetap halus, juga bebas kerutan akibat penuaan dini. Buah ini juga membantu menghilangkan sel kulit mati serta melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

Blueberry

Berkat kandungan antioksidan dan vitamin dalam jumlah besar, blueberry dapat menutrisi sekaligus membantu melindungi kulit dari kerusakan. Konsumsi buah ini secara rutin membuat kulit berkilau dan tetap kenyal karena blueberry mencegah hilangnya kolagen dari kulit.

Teh hijau

Minuman ini kerap diminum langsung atau menjadi bahan produk perawatan kulit. Teh hijau kaya antioksidan dan antiperadangan sehingga ampuh meremajakan kulit, serta bermanfaat sebagai detoks, mengatasi kulit sensitif, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan dengan kadar tinggi yang bisa membantu melawan penuaan dan memperbaiki kulit dari kerusakan dan stres.  Nutrisi di dalamnya terbukti membantu pergantian sel, membuat kulit tetap terlihat sehat dan muda.

Deretan manfaat lain dari cokelat hitam yakni membantu kulit mempertahankan kelembapan agar teksturnya tetap kenyal serta dapat meningkatkan sirkulasi ke kulit. Selain itu, cokelat hitam juga akan mengurangi peradangan, dikutip dari laman SheFinds, Selasa (15/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement