Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Messi Kembali Ungguli Ronaldo dalam Hal Penghasilan Tahunan

Selasa 15 Sep 2020 09:56 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi (kanan) dan Cristiano Ronaldo bersalaman.

Lionel Messi (kanan) dan Cristiano Ronaldo bersalaman.

Foto: EPA-EFE/ANDY RAIN
Meski terpopuler di medsos, penghasilan Ronaldo masih kalah dari Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bintang Barcelona, Lionel Messi, kembali menempati urutan teratas dalam daftar pesepak bola dengan penghasilan tertinggi versi Majalah Forbes. Peraih enam gelar pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) itu mencatatkan pendapatan total sebesar 126 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir.

Pendapatan Messi ini didapatkan dari gaji yang mencapai 92 juta dolar AS dan nilai sponsorship sebesar 34 juta dolar AS.

Sementara bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, berada di tempat kedua dalam daftar tersebut. Meski didaulat sebagai pesepak bola paling populer, dengan jumlah pengikut di media sosial mencapai 457 juta akun, tapi pendapatan Ronaldo masih jauh di bawah Messi.

Ronaldo menorehkan pendapatan sebesar 117 juta dolar AS dalam satu tahun terakhir, termasuk gaji sebesar 70 juta euro dan nilai sponsorship mencapai 47 juta dolar AS.

''Messi dan Ronaldo kembali menempati dua posisi teratas dalam daftar pesepak bola berpenghasilan tertinggi. Setelah berbagai drama soal kepindahannya dari Barcelona, Messi tetap mendapatkan penghasilan mencapai 126 juta dolar AS, sementara Ronaldo berada di urutan kedua dengan pendapatan 117 juta dolar AS,'' tulis laporan Forbes, Selasa (15/9).

Posisi ketiga dan keempat dalam daftar tersebut ditempati oleh dua penggawa Paris Saint Germain (PSG), Neymar dan Kylian Mbappe. Di posisi ketiga, Neymar mencatatkan pendapatan total mencapai 96 juta dolar AS. Pemain termahal sejagat itu mendapatkan gaji sebesar 78 juta dolar AS dan sponsorhip mencapai 18 juta euro. Pada musim panas ini, Neymar telah mengakhiri kontrak kerja sama dengan produsen apparel olahraga, Nike, dan menjalin kerjasama dengan Puma.

Sorotan dalam daftar pesepak bola dengan penghasilan tertinggi sejagat itu tertuju pada Mbappe yang berada di peringkat keempat. Pemain berusia 21 tahun itu mendapatkan penghasilan total mencapai total 42 juta dolar AS dalam 12 bulan terakhir. Mbappe menerima gaji sebesar 28 juta dolar AS dari PSG dan mendapatkan pemasukan sebesar 14 juta dolar AS via sponsorship.

''Untuk remaja seusianya, Mbappe telah mendapatkan penghasilan yang begitu tinggi. Remaja dari pinggiran kota Paris itu menjadi remaja termahal di pentas sepak bola saat direkrut PSG dari Monaco. Selain itu, dia juga mendapatkan gaji yang cukup tinggi. Belum lagi kerja sama dengan sejumlah perusahaan ternama, seperti produsen jam tangan mewah, Hublot, dan Nike. Begitu pula kerja samanya dengan EA Sports, yang menjadikannya cover gim FIFA 21,'' tulis laporan Forbes.

Hanya ada tiga pemain yang berkiprah di Liga Primer Inggris yang menempati daftar pesepa bola berpenghasilan tertinggi sejagat tersebut. Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, berada di peringkat kelima dengan pendapatan mencapai 37 juta dolar AS. Selain itu, ada pula gelandang Manchester United, Paul Pogba, di posisi keenam dengan penghasilan sebesar 34 juta dolar AS.

Rekan Pogba di United, David De Gea, duduk di peringkat paling buncit dalam daftar tersebut usai membukukan pendapatan sebesar 27 juta dolar AS. Sementara penyerang Barcelona, Antoine Griemann, berada di peringkat ketujuh diikuti dengan winger Real Madrid, Gareth Bale, di posisi kedelapan. Penyerang Bayern Muenchen, Robert Lewandowksi, menjadi satu-satunya pemain dari Bundesliga Jerman di daftar ini dengan menempati peringkat kesembilan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA