Selasa 15 Sep 2020 08:50 WIB

Sebanyak 10.105 Mahasiswa Baru UNS Dilantik Secara Daring

Sebagian besar mahasiswa baru akan menjalani perkuliahan dengan sistem daring.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Universitas Sebelas Maret
Universitas Sebelas Maret

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO – Sebanyak 10.105 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo dilantik Rektor UNS, Jamal Wiwoho, secara daring, Senin (14/9). Pelantikan mahasiswa baru tersebut dilaksanakan di sela-sela kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS melalui aplikasi Zoom Meeting dan siaran langsung melalui kanal YouTube Universitas Sebelas Maret.

Rektor UNS mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru jenjang program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor dan menjadi anggota masyarakat akademik UNS.

"Selamat datang di era yang penuh perubahan, perubahan akan makna, perubahan value, dan perubahan peradaban. Selamat datang di era di mana kreativitas sebagai urat nadi berdetaknya kehidupan. Saya berharap saudara akan menggunakan kesempatan ini untuk mulai merencanakan sebuah karya besar yang bermanfaat bagi kemakmuran masyarakat bersama seluruh civitas akademika UNS," jelasnya di acara tersebut.

Jamal menyatakan, pada semester ini, para mahasiswa baru akan menjalani sebagian besar aktivitas perkuliahan dengan menggunakan sistem pembelajaran daring. Dia meminta kepada seluruh mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan kebiasaan kehidupan baru sebagai sebuah kebiasaan normal. Sehingga tidak mengalami kegagalan dalam menjalani gaya hidup dan tata laksana interaksi baru di kampus.

"Proses belajar atau perkuliahan yang akan saudara jalani di tengah pandemi Covid-19 saat ini, adalah sebuah model pembelajaran yang komplet. Pembelajaran kecakapan yang lengkap. Banyak inovasi yang akan lahir dari situasi sulit seperti saat ini. Oleh karena itu, mahasiswa seharusnya memiliki kecerdasan baru yaitu kecerdasan beradaptasi menggunakan moda teknologi informasi dan kecerdasan sosial emosional," paparnya.

Dia mengingatkan agar seluruh mahasiswa menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, antara lain jaga jarak, pakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun.

"Namun harus dipastikan bahwa kegiatan pembelajaran daring yang kita lakukan jangan sampai mengakibatkan kehilangan atmosfeer akademiknya," imbuhnya.

PKKMB UNS Tahun 2020 digelar selama tiga hari pada Senin-Rabu (14-16/9). PKKMB UNS diikuti sebanyak 2.390 mahasiswa baru dari program Diploma, 6.975 mahasiswa dari program Sarjana, 580 mahasiswa dari program Magister dan 160 mahasiswa dari program Doktor. Pada hari pertama pelaksanaan PKKMB, para mahasiswa baru UNS mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari pelantikan, kemudian mendengarkan ceramah dari Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, serta pemberian motivasi dari pimpinan UNS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement