Selasa 15 Sep 2020 06:12 WIB

Pakistan Buka Lagi Sekolah dan Kampus

Semua institusi pendidikan di Pakistan akan dibuka mulai Selasa (15/9).

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Ribuan sekolah dan kampus di seluruh Pakistan akan kembali buka pada Selasa (15/9) waktu setempat (Foto: ilustrasi Covid-19 Pakistan)
Foto: AP / Channi Anand
Ribuan sekolah dan kampus di seluruh Pakistan akan kembali buka pada Selasa (15/9) waktu setempat (Foto: ilustrasi Covid-19 Pakistan)

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Ribuan sekolah dan kampus di seluruh Pakistan akan kembali buka pada Selasa (15/9) waktu setempat. Hal ini menandakan berakhirnya penutupan selama enam bulan sejak pandemi Covid-19 melanda Pakistan.

Pemerintah Pakistan menyebutkan, semua institusi pendidikan tinggi akan buka lagi mulai 15 September bersamaan dengan pembukaan sekolah untuk kelas 9-12. Kemudian, pembukaan untuk jenjang kelas 9 ke bawah dilakukan secara berkala sampai akhir bulan ini.

Baca Juga

"Besok (Selasa) jutaan siswa akan kembali ke sekolah. Menjadi prioritas dan tanggungjawab kami memastikan keselamatan tiap siswa yang pergi ke sekolah untuk belajar," tulis cuitan Twitter dari Perdana Menteri Pakistan Imran Khan dilansir kantor berita Anadolu Agency pada Senin (14/9).

Khan menyatakan, pembukaan kembali sekolah sudah didasari kajian. Pemerintah juga siap menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan belajar mengajar berlangsung.

"Kami bekerja agar kegiatan operasional sekolah menaati protokol kesehatan," ujar Khan.

Penutupan semua institusi pendidikan di Pakistan, sebelumnya diputuskan pada Maret lalu menyusul pandemi Covid-19. Keputusan pembukaan kembali sekolah diambil Pakistan setelah turunnya kasus harian  Covid-19 secara drastis dari 7 ribu sampai tinggal 200 saja dalam beberapa bulan terakhir.

Hingga akhir pekan lalu, Pakistan mencatatkan 302 ribu kasus Covid-19 dimana 289 ribu diantaranya berhasil sembuh. Adapun angka kematiannya mencapai 6.383 kasus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement