Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Alternatif Minuman Bebas Kafein Pengganti Kopi Decaf

Selasa 15 Sep 2020 05:07 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Kopi decaf mungkin bukan pilihan tepat bagi orang yang sensitif terhadap kafein (Foto: ilustrasi kopi)

Kopi decaf mungkin bukan pilihan tepat bagi orang yang sensitif terhadap kafein (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Pxhere
Kopi decaf mungkin bukan pilihan tepat bagi orang yang sensitif terhadap kafein.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi decaf merupakan opsi yang cukup populer di antara pecinta kopi yang membatasi asupan kafein mereka. Bila dibandingkan dengan kopi biasa, kopi decaf memiliki kandungan kafein yang jauh lebih rendah.

Menurut USDA, kopi bisa diberi label decaf bila kandungan kafeinnya tidak melebihi 0,10 persen dari kandungan kafein normal pada berat kemasan kopi. Untuk bisa menjadi kopi decaf, kopi harus melalui proses yang cukup panjang.

Ada tiga metode yang bisa dipakai untuk mengubah kopi menjadi kopi decaf. Ketiga metode tersebut adalah solvent-based process, Swiss water process, dan carbon dioxide process.

Meski memiliki kandungan kafein yang rendah, kopi decaf tetap memiliki kandungan kafein. Menurut FDA, 8 ons cangkir kopi decaf mengandung sekitar 2-15 miligram kafein. Sebagai perbandingan, secangkir kopi biasa berukuran sama mengandung sekitar 80-100 miligram kafein.

Kandungan kafein dalam kopi decaf juga lebih rendah dibandingkan teh. Secangkir teh hijau atau teh hitam berukuran sama misalnya, mengandung sekitar 30-50 miligram kafein. Minuman soda berukuran 12 ons mengandung sekitar 30-40 miligram kafein.

Bagi sebagian besar orang, kandugan kafein pada kopi decaf tak akan memberikan dampak dalam keseharian. Akan tetapi kopi decaf mungkin bukan pilihan tepat untuk orang-orang yang sensitif terhadap kafein atau orang-orang yang ingin memangkas asupan kafein namun meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari.

Baca Juga

photo
(Foto: Ilustrasi Kopi) - (Pexels)

Seperti dilansir All Recipes, Senin (14/9), ada beberapa alternatif minuman lain yang nikmat dan bebas dari kafein. Berikut ini adalah empat di antaranya.

Teh Herbal
Teh herbal dapat menjadi pilihan aman bagi orang-orang yang menghindari minuman berkafein. Teh herbal bebas kafein bisa dibuat dari seduhan herbal seperti peppermint, jahe, kamomil, atau hibiscus. Sebelum membeli produk teh herbal, pastikan produk tersebut murni terbuat dari bahan-bahan herbal tanpa campuran teh hijau atau teh hitam yang mengandung kafein.

"Kopi" Akar Chicory
Akar chicory berasal dari tanaman chicory yang merupaan bagian dari keluarga dandelion. Akar chicory bisa dipanggang, dihaluskan, lalu diseduh untuk menghasilkan minuman bebas kafein sebagai alternatif kopi. "Kopi" dari akar chicory memiliki rasa dan penampilan yang sama dengan kopi, namun dengan tambahan rasa woody dan nutty.

Teh Golden Milk
Teh golden milk merupakan teh klasik ala India yang biasa digunakan sebagai "obat rumahan" untuk meringankan gejala pilek hingga hidung tersumbat. Teh golden milk terbuat dari susu hangat dengan kunyit dan lada hitam. Ada banyak variasi resep di mana teh golden milk juga ditambahkan dengan bahan lain seperti jahe bubuk dan cengkeh untuk meningkatkan cita rasanya.

Kaldu
Mungkin meminum kaldu terdengar aneh. Akan tetapi, air kaldu juga dapat menjadi alternatif pengganti kopi sekaligus pengganti cemilan. Secangkir air kaldu dapat memberikan perasaan hangat sekaligus mengenyangkan, tanpa ada kandungan kafein.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA