Senin 14 Sep 2020 18:24 WIB

Luput Bawa MU Menang, Van de Beek Tetap Dipuji

Solksjaer menilai pemain anyarnya sudah mengesankan.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, dilirik klub elite Eropa seperti Real Madrid dan Manchester United.
Foto: EPA-EFE/Kiko Huesca
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek, dilirik klub elite Eropa seperti Real Madrid dan Manchester United.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Terselip keraguan saat Manchester United (MU) mendatangkan gelandang Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam. Namun, Van de Beek membuktikan kualitasnya pada laga uji coba pertama melawan Aston Villa.

MU sejatinya menelan kekalahan 0-1 atas Aston Villa dalam laga friendly match jelang mengarungi musim Liga Primer Inggris 2020/2021.

Meski gagal mengantarkan kemenangan untuk timnya, Van de Beek tak mendapat respons negatif. Ia justru tetap diganjar pujian dari pelatih Ole Gunnar Solskjaer.

"Terlepas dari hasil, saya puas dengan penampilan Van de Beek. Ia jeli membuka ruang dan penempatan waktunya sangat pas. Namun ia masih harus banyak belajar dan memahami permainan tim," kata Solskjaer dikutip Manchester Evening, Senin (14/9).

Van de Beek merupakan pemain anyar yang didatangkan MU dari klub Eredivise Belanda, Ajax Amsterdam musim panas ini. Dirinya diharapkan menjadi tandem bagi Bruno Fernandes, pun Paul Pogba.

Sementara itu, rekan setimnya Luke Shaw menyebut Van de Beek tentu butuh penyesuaian untuk bermain bersama tim. Tetapi, saya menilai itu hanyalah urusan waktu.

"Dia belum lama bersama kami, tapi dia melakukannya dengan sangat baik mengingat dia hanya berlatih bersama kami selama dua hari. Terpenting saat ini adalah dia mengenal para pemain, mengetahui bagaimana satu sama lain bermain," sambung Shaw.

Banyak yang menilai mendatangkan Van de Beek hanyalah rencana yang sia-sia. Sebab, lini tengah MU sudah diperkuat banyak gelandang seperti Fred, Nemanja Matic, Scott McTominay, Pogba, serta Fernandes.

Akan tetapi tantangan bagi Solskjaer adalah memasukkan Pogba, dan Fernandes bersamaan dengan Van de Beek, dan menemukan sistem yang cocok untuk memainkan tiga gelandang di lini tengah.

"Kami punya waktu seminggu penuh sekarang untuk memasukkannya, tapi sejauh ini bagus, dia pria yang sangat baik dan saya yakin dia akan sangat cocok untuk tim," kata Shaw.

Pada laga pertama Liga Primer Inggris, MU akan bersua Crystal Palace di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/9), Solskjaer jelas akan kembali memberikan kepercyaan kepada Van de Beek untuk mengisi pos lini tengah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement