Senin 14 Sep 2020 17:56 WIB

Latih Tenaga Administratif, FISIP UMJ Siap Gelar UKW

Media massa profesional diharapkan mampu menghadirkan informasi lebih berkualitas

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) terus memeprsiapkan diri guna menjadi penyelenggara kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW). Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menggelar kegiatan pelatihan administrasi UKW yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ahad  (13/9) di kampus FISIP UMJ.
Foto: dok fisip umj
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) terus memeprsiapkan diri guna menjadi penyelenggara kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW). Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menggelar kegiatan pelatihan administrasi UKW yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ahad (13/9) di kampus FISIP UMJ.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) terus memeprsiapkan diri guna menjadi penyelenggara kegiatan uji kompetensi wartawan (UKW). Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menggelar kegiatan pelatihan administrasi UKW yang bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ahad  (13/9) di kampus FISIP UMJ. 

Menurut Direktur UKW FISIP UMJ, Tria Patrianti Msi sehubungan dengan kebutuhan masyarakat akan informasi yang berkualitas, bermoral dan aktual, diperlukan wartawan yang mumpuni dalam menuliskan berita di lapangan. Informasi yang akurat, bermutu dan bertanggung jawab akan sangat membantu membentuk opini publik yang baik di masyarakat. 

Untuk mewujudkan informasi publik yang berkualitas tersebut, FISIP UMJ bekerjasama dengan Majelis Penyiaran Islam (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah setelah membentuk UKW dilanjutkan dengan pelatihan tenaga administraif UKW. "Peran tenaga administraif ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran kegiatan UKW," katanya. 

Menurut Tria, kegiatan  yang berlangsung sejak pukul 08.00 wib tersebut diikuti para peserta yang terdiri dari MPI PP Muhammadiyah, Dosen serta karyawan FISIP UMJ. Diharapkan kegiatan UKW ini kelak akan diikuti wartawan yang berada di lingkungan kampus Muhammadiyah di Indonesia serta lembaga media massa lainnya. Mengingat kebutuhan akan kompetensi wartawan sangat dibutuhkan guna terwujudnya informasi berkualitas yang dibutuhkan masyarakat luas. Terlebih kehadiran media sosial yang  terus berkembang pesat, perlu diimbangi dengan hadirnya informasi bertanggung jawab dan berkualitas yang dihasilkan lembaga media massa profesional. 

Pelatihan Admin UKW dipimpin tenaga ahli dari PWI Pusat yang diwakili Uyu Yanto. Menurutnya kegiatan operasional Administratif  sangat dibutuhkan saat pelatihan dan uji kompetensi berlangsung. Tenaga adminsitratif akan membuat laporan selama pelaksanaan berlangsung dan menyampaikannya ke PWI serta lembaga terkait lainnya. "Tenaga administratif akan mendampingi penguji saat UKW berlangsung dan mengikuti penugasan dimana kegiatan UKW dilaksanakan,"katanya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement