Senin 14 Sep 2020 16:35 WIB

Makanan Ini Bisa Picu Stres, Coba Tukar dengan Gantinya

Pakar menyarankan mengontrol jenis makanan yang bisa memicu stres dan menggantinya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Pakar menyarankan mengontrol jenis makanan yang bisa memicu stres dan menggantinya (Foto: ilustrasi stres)
Foto: Piqsels
Pakar menyarankan mengontrol jenis makanan yang bisa memicu stres dan menggantinya (Foto: ilustrasi stres)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa makanan diklaim bisa memicu stres. Namun, banyak pakar memberikan solusi sebagai pengganti dari makanan tersebut.

Melansir laman eatingwell, Senin (14/9), aturan yang ketat terhadap makanan pemicu stres berperan mengurangi stres pada mereka yang mengonsumsinya. Hal ini membuat para pakar menyarankan untuk mengontrol jenis-jenis makanan yang bisa memicu stres dan menggantinya.

Baca Juga

Berikut adalah beberapa jenis makanan sederhana yang bisa memicu stres, tetapi kita bisa mengonsumsi penggantinya dengan kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda.

Tukar roti putih dengan oatmeal

Karbohidrat baik untuk tubuh dan otak. Mereka membantu Anda membuat neurotransmitter serotonin yang membuat Anda merasa nyaman. Namun, tidak semua karbohidrat diciptakan sama.

Biji-bijian utuh mengandung serat dan tubuh mencernanya lebih lambat untuk menghindari naik turunnya gula darah. Oatmeal adalah sarapan yang nyaman dan menenangkan. Cobalah oatmeal sebagai pengganti roti putih di pagi hari dengan topping pisang dan coklat.

Tukar sosis dengan salmon

Ini bukan pertukaran yang bagus. Salmon mengandung lemak omega-3, yang menurut penelitian terbaru dapat membantu mengurangi kecemasan.

Sementara, daging olahan yang ditambahkan pengawet, termasuk natrium, tidak bagus untuk tekanan darah. Sebaiknya, kurangi konsumsi daging olahan dan makan salmon dua kali sepekan.

 

Ganti granola bar dengan kacang

Memilih camilan yang cerdas dapat membantu menjauhkan diri dari stres. Batangan granola terdengar cukup sehat, tapi banyak di antaranya dibuat dengan banyak tambahan gula. Sementara, kacang memberikan lemak sehat, serat, dan protein.

Ini membuatnya menjadi camilan yang baik unutk daya tahan tubuh. Ditambah lagi, kacang memiliki vitamin B yang bisa habis saat kita stres. Kandungan kalium dari kacang-kacangan juga dapat membantu menjaga tekanan darah dalam kisaran yang sehat.

Tukar permen dengan cokelat hitam

Banyak dari kita memilih permen saat stres. Permen manis memang enak, tapi bisa menjadi bumerang sebagai camilan penghilang stres akibat naik turunnya gula darah.

Beda dengan cokelat hitam yang baik untuk hilangkan tingkat stres Anda. Usahakan untuk memilih cokelat dengan 70 persen kakao karena mengandung polifenol paling baik.

Tukar keju cottage dengan yoghurt

Kedua makanan berprotein tinggi ini adalah pilihan camilan yang enak. Tapi ketika datang stres, yoghurt mungkin lebih baik berkat probiotik, yakni bakteri baik untuk usus. Sebanyak 50 persen dopamin dan 95 persen serotonin, keduanya bahan kimia yang meningkatkan suasana hati, diproduksi di usus Anda. Yoghurt adalah sumber probiotik alami, jadi makanlah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement