Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

Thursday, 14 Safar 1442 / 01 October 2020

PSBB Jilid 2 Berlaku Hari Ini, ACT Luncurkan Program Baru

Senin 14 Sep 2020 14:57 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Gita Amanda

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan sejumlah program baru sambut PSBB Jilid 2.

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan sejumlah program baru sambut PSBB Jilid 2.

Foto: act
Semua program yang disiapkan ACT berfokus pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jilid dua yang mulai diberlakukan di Jakarta hari ini, Senin (14/9), lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah menyiapkan sejumlah program untuk membantu masyarakat bertahan di tengah situasi yang semakin berat ini.

Direktur Program Aksi Cepat Tanggap (ACT), Sri Edy Kuncoro, mengatakan seluruh program yang disiapkan ACT berfokus pada pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat. Salah satunya adalah operasi beras gratis, dimana ACT akan mendistribusikan bantuan ini kepada warga yang terdampak Covid-19.

"Program kita tetap fokus di pangan, ini lanjutan dari PSBB sebelumnya dimana kita ada operasi beras gratis, distribusi beras bagi warga yang terdampak covid, seperti keluarga pra sejahtera atau keluarga yang kepala keluarganya di PHK," kata Edy saat dihubungi Republika, Senin (14/9).  

ACT juga menyediakan layanan telepon bebas pulsa yang berfungsi sebagai pusat pengaduan bagi masyarakat yang kekurangan pangan, dan akan mengantarkannya ke rumah mereka dengan ojek online. "Jadi kita juga bisa sekaligus memberdayakan ojek online yang sepi order," jelasnya menambahkan.

Selain itu, ada pula operasi makan gratis yang ditujukan bagi para sopir angkutan umum, sehingga mereka tidak perlu khawatir tidak makan meski sepi penumpang. Program ini merupakan hasil kerjasama ACT dengan sejumlah rumah makan seperti Warteg, Warsun hingga rumah makan Padang, dengan harapan dapat membantu mereka bertahan di tengah masa PSBB total ini.

"Melalui program ini, selain membantu memenuhi kebutuhan pangan para supir, kami juga berupaya memberdayakan pengusaha kuliner agar tidak sepi pelanggan," ujarnya.

Baca Juga

Selain memfokuskan bantuan pada kebutuhan pangan, ACT juga menyediakan bantuan modal usaha yang menjadi lanjutan dari program sebelumnya. Melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro ini, ACT memberikan pinjaman modal dari dana wakaf kepada masyarakat yang ingin memulai usaha.

"Melalui program ini kami berikan bantuan pinjaman modal dengan pengembalian ringan tanpa bunga. Jadi pokoknya saja yang perlu mereka kembalikan dengan mencicil," jelasnya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA