Senin 14 Sep 2020 15:30 WIB

Utusan Khusus AS Kunjungi Pakistan

Zalmay Khalilzad akan mendiskusikan perkembangan intra dialog dengan pemimpin Pakistan - Anadolu Agency

Zalmay Khalilzad  akan mendiskusikan perkembangan intra dialog dengan pemimpin Pakistan - Anadolu Agency
Zalmay Khalilzad akan mendiskusikan perkembangan intra dialog dengan pemimpin Pakistan - Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID, KARACHI - Utusan khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad tiba di Islamabad Senin untuk membahas perkembangan terbaru dalam pembicaraan damai intra-Afghanistan dengan pejabat Pakistan, lapor media lokal.

Khalilzad akan bertemu dengan pemimpin sipil dan militer Pakistan untuk membahas cara memajukan dialog perdamaian tersebut, Televisi Geo News melaporkan Minggu, mengutip sumber-sumber Kementerian Luar Negeri.

Saat dihubungi, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Zahid Hafeez Chaudhary menolak untuk memberikan konfirmasi pun membantah laporan tersebut.

Kunjungan Khalilzad - yang jika dikonfirmasi, akan menjadi yang ke-12 dalam kurun waktu kurang dari dua tahun - saat dimulainya dialog intra-Afghanistan yang telah lama ditunggu-tunggu pada hari Sabtu di Doha yang bertujuan untuk mengakhir 18 tahun perang di Afghanistan.

Dialog perdamaian penting menyusul kesepakatan AS-Taliban yang dicapai pada Februari. Kedua belah pihak bertujuan untuk rekonsiliasi politik dan mengakhiri kekerasan selama beberapa dekade.

Mereka akan menangani masalah-masalah sulit yang akan mencakup persyaratan gencatan senjata permanen, perubahan konstitusi, dan pembagian kekuasaan.

Pada Desember 2018, Pakistan juga mengatur dialog langsung yang jarang terjadi antara Washington dan Taliban, sekaligus membuka jalan bagi kesepakatan damai Doha antara kedua belah pihak.

Pakistan juga memfasilitasi pembicaraan fase pertama yang penting antara pemerintah Afghanistan dan Taliban di Islamabad pada Juli 2015. Proses perdamaian tersebut terhenti setelah Taliban mengumumkan kematian pemimpin lama mereka Mullah Omar, yang memicu perebutan kekuasaan internal.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/utusan-khusus-as-kunjungi-pakistan-/1972471
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement