Senin 14 Sep 2020 12:19 WIB

Fakta-Fakta Unik tentang Tata Surya

Pluto, planet kerdil di Tata Surya memiliki diameter lebih kecil dibandingkan AS.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Kita mungkin sudah mengenal Tata Surya sejak sekolah dasar. Namun, mungkin banyak fakta-fakta menarik yang belum kita ketahui. Berikut ulasannya, dirangkum dari Earth Sky:

Planet terpanas tidak berada paling dekat matahari

Baca Juga

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari, kurang dari setengah jarak Bumi. Bukanlah misteri mengapa orang berasumsi bahwa Merkurius adalah planet terpanas. Namun, bukan itu faktanya.

Venus, planet kedua yang jauh dari matahari, berada pada jarak rata-rata 48 juta km lebih jauh dari matahari daripada Merkurius. Asumsi alaminya adalah, semakin jauh, Venus pasti lebih dingin. Namun, tidak demikian.

Merkurius tidak memiliki atmosfer, tidak ada selimut penghangat untuk membantunya menjaga panas matahari. Sementara, Venus diselimuti oleh atmosfer tebal yang tak terduga, sekitar 100 kali lebih tebal dari atmosfer Bumi. Atmosfer ini berfungsi untuk mencegah sebagian energi matahari keluar kembali ke luar angkasa dan dengan demikian meningkatkan suhu planet secara keseluruhan.

photo
 
Selain ketebalan atmosfer, hampir seluruhnya terdiri dari karbon dioksida, gas rumah kaca yang kuat. Karbon dioksida dengan bebas membiarkan energi matahari masuk, tetapi jauh lebih tidak transparan terhadap radiasi panjang gelombang yang dipancarkan oleh permukaan yang dipanaskan. Dengan demikian suhu naik ke tingkat yang jauh di atas apa yang diharapkan. Faktor-faktor ini yang menjadikan Venus sebagai planet terpanas.

Faktanya, suhu rata-rata di Venus adalah sekitar 468 derajat Celsius, cukup panas untuk melelehkan timah. Suhu maksimum di Merkurius, planet yang lebih dekat ke matahari, sekitar 427 derajat C. Selain itu, kurangnya atmosfer menyebabkan suhu permukaan Merkurius bervariasi ratusan derajat, sedangkan mantel tebal karbon dioksida menjaga suhu permukaan Venus tetap stabil, hampir tidak berubah sama sekali, di mana pun di planet ini atau kapan pun siang atau malam.

photo
itur berbentuk hati di Pluto yang dikenal sebagai Tombaugh Regio. - (nasa via cnn)

Pluto berdiameter lebih kecil dari AS

Jarak terbesar melintasi Amerika Serikat yang berdekatan (dari California Utara ke Maine) hampir 4.700 km. Berkat pesawat ruang angkasa New Horizons pada tahun 2015, kita sekarang tahu bahwa Pluto memiliki lebar 2.371 km, kurang dari setengah lebar AS.

Tentunya ukurannya jauh lebih kecil daripada planet besar mana pun, mungkin membuatnya sedikit lebih mudah mengerti mengapa, pada tahun 2006, Persatuan Astronomi Internasional mengubah status Pluto dari planet besar menjadi planet kerdil.

Tepi tata surya seribu kali lebih jauh dari Pluto.

Pluto adalah sebuah planet kerdil yang jauh. Namun, peneliti telah menemukan banyak objek yang mengorbit matahari yang jaraknya lebih jauh dari Pluto. Ini adalah Trans-Neptunian Objects (TNOs) atau Kuiper Belt Objects (KBOs).  

Sabuk Kuiper, yang pertama dari dua reservoir materi komet Matahari, diperkirakan meluas hingga 50 atau 60 unit astronomi (AU, atau jarak rata-rata Bumi dari Matahari). Bagian yang lebih jauh dari tata surya, awan komet Oort yang sangat besar tapi tipis, bisa mencapai 50.000 AU dari matahari, atau sekitar setengah tahun cahaya, lebih dari 1.000 kali lebih jauh dari Pluto.

Hampir semua yang ada di Bumi adalah unsur langka

Komposisi unsur planet bumi sebagian besar adalah besi, oksigen, silikon, magnesium, belerang, nikel, kalsium, natrium, dan aluminium. Meskipun unsur-unsur seperti itu telah terdeteksi di lokasi-lokasi di seluruh alam semesta, mereka hanyalah unsur-unsur jejak, yang dibayangi oleh kelimpahan hidrogen dan helium yang jauh lebih besar. Jadi Bumi, sebagian besar, terdiri dari unsur-unsur langka.

Jupiter memiliki lautan terbesar di planet Tata Surya

Mengorbit di ruang dingin lima kali lebih jauh dari matahari daripada Bumi, Jupiter mempertahankan tingkat hidrogen dan helium yang jauh lebih tinggi saat terbentuk daripada planet kita.  Jupiter sebagian besar adalah hidrogen dan helium. Mengingat massa planet dan komposisi kimianya, tuntutan fisika turun di bawah puncak awan dingin, tekanan naik ke titik di mana hidrogen harus berubah menjadi cair.

Sebenarnya seharusnya ada samudra planet yang dalam berisi hidrogen cair.  Model komputer menunjukkan bahwa ini bukan hanya lautan terbesar yang diketahui di tata surya, tetapi juga dalamnya sekitar 40.000 km, kira-kira sedalam Bumi

Benda yang sangat kecil pun bisa memiliki bulan

Dulu ada anggapan bahwa hanya benda sebesar planet yang dapat memiliki satelit atau bulan alami. Faktanya, keberadaan bulan, atau kemampuan sebuah planet untuk mengontrol secara gravitasi bulan di orbit, terkadang digunakan sebagai bagian dari definisi tentang apa sebenarnya planet itu.

Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit alamk sama sekali. Mars hanya memiliki bulan-bulan kecil. Tetapi pada tahun 1993, wahana Galileo melewati asteroid selebar 20 mil Ida dan menemukan bulan selebar satu mil, Dactyl. Sejak saat itu, bulan telah ditemukan mengorbit banyak planet kecil lainnya di tata surya kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement