Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Gerakan Islam Nigeria Serukan Pembebasan Ulama Terkemuka

Senin 14 Sep 2020 07:29 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Gerakan Islam Nigeria Serukan Pembebasan Ulama Terkemuka . Foto: Lapas (ilustrasi)

Gerakan Islam Nigeria Serukan Pembebasan Ulama Terkemuka . Foto: Lapas (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO
Ulama terkemuka ditahan dengan fasilitas tahanan di bawah standar.

REPUBLIKA.CO.ID, ABUJA --- Gerakan Islam Nigeria (IMN) menyerukan pembebasan seorang tokoh ulama terkemuka Afrika yakni Syekh Ibraheem Zakzaky bersama istrinya. Seperti dilansir Iqna.ir pada Senin (14/9) IMN mengatakan saat ini kondisi Syekh Zakzaky sakit parah dan istrinya Zeenat ditahan di sel tahanan fasilitas di bawah standar.

IMN menuntut pembebasan Syekh Zakzaky dan istrinya karena dinilai membutuhkan penanganan medis mendesak. Pada Juni lalu, IMN mengatakan upaya tim hukum Zakzaky pada pemerintah negara bagian Kaduna untuk mendapatkan tanggal baru persidangan lanjutan tak menuai hasil sama sekali dan mengabaikan kesehatan Zakzaky.

Syekh Zakzaky sendiri sudah ditahan sejak 2015, meski ada keputusan Pengadilan Tinggi Federal pasa 2016 yang memerintahkan pembebasannya.

Lebih dari tiga ratus empat puluh pendukungnya tewas saat tentara menyerang rumah Zakzaky dan pusat keagamaan Zaria pada Desember 2015. Enam anak Zakzaky pun tewas dalam serangan itu. Dijadwalkan Zakzaky akan kembali menghadapi persidangan pada 29 September 2020. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA