Sabtu 12 Sep 2020 22:57 WIB

Zaha Persembahkan Kemenangan Perdana Crystal Palace

Crystal Palace mengatasi Southampton 1-0 pada laga pekan pembuka Liga Inggris 2020/21

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Penyerang Crystal Palace Wilfried Zaha (kanan) mencetak gol ke gawang Southampton.
Foto: EPA-EFE/Richard Heathcote
Penyerang Crystal Palace Wilfried Zaha (kanan) mencetak gol ke gawang Southampton.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Crystal Palace berhasil mengamankan poin penuh saat menjamu Southampton di Selhurst Park, Sabtu (12/9) malam WIB. Palace meraih kemenangan tipis 1-0 atas tamunya pada laga pekan pembuka Liga Primer Inggris 2020/21 lewat gol Wilfried Zaha.

Southampton langsung memberikan inisiatif serangan saat pertandingan baru dimulai. Peluang pertama terjadi saat Jack Stephens menerima umpan silang dari James Ward-Prowse di bagian tengah kotak 16 pada menit keempat. Namun, tandukan Stephens berhasil diselamatkan di sudut kiri bawah gawang. 

Tim tuan rumah memecah kebuntuan menit ke-13 melalui gol Wilfried Zaha. Tendangan Zaha yang memgarah ke sudut kiri bawah gawang gagal diamankan oleh Alex McCarthy. Gol Zaha membawa Palace unggul sementara 1-0.

Dua menit berselang, Palace hampir menciptakan peluang lainnya. Namun, Andros Townsend sudah lebih dulu berada dalam posisi offside saat Cheikhou Kpuyate memberikan umpan terobosan. 

Southampton mendapatkan peluang pada menit ke-32 saat Danny Ings melepaskan tandukan dari sudut sulit di sebelah kanan. Namun, bola masih bisa diamankan oleh kiper.

Pada menit ke-36 Kouyate hampir menambah keunggulan Palace. Namun, tendangan kaki kanannya dari bagian tengah kotak 16 berhasil diantisipasi. Skor pun bertahan 1-0 untuk Crystal Palace hingga turun minum.

Pada babak kedua, Southampton membuka permainan dengan serangan langsung ke jantung pertahanan Palace. Percobaan dilakukan Nathan Redmond dengan tendangan langsung ke gawang dari sebelah kiri kotak 16. Namun, bola berhasil diamankan oleh kiper.

Southampton hampir kehilangan Kyle Walker-Peters pada menit ke-52 karena melakukan pelanggaran berat. Beruntung wasit hanya memberikannya kartu kuning setelah evaluasi VAR.

Percobaan Southampton berikutnya dilakukan oleh Che Adams pada menit ke-53. Namun, tendangan Adams dari tengah kotak 16 itu masih bisa diselamatkan di bagian tengah gawang.

Gelombang serangan terus digencarkan Southampton ke lini pertahanan Palace. Sejumlah peluang berhasil mereka ciptakan, namun belum ada yang membuahkan hasil. Seperti pada menit ke-74, percobaan James Ward-Prowse melalui situasi bola mati masih belum menemui sasaran.

Di menit ke-83 Palace gagal menggandakan keunggulan berdasarkan keputusan VAR. Tidak ada gol tambahan yang berhasil diciptakan oleh kedua tim hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup oleh wasit. Laga pun berakhir dengan skor 1-0 untuk tim tuan rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement