Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Manfaatkan 5 Fitur Instagram ini Biar Akun Bisnis Dilirik dan Produk Laris Manis

Sabtu 12 Sep 2020 19:21 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Manfaatkan fitur-fitur Instagram untuk tingkatkan penjualan.

Banyak media sosial yang dapat dipilih sebagai tempat untuk berjualan online, salah satunya Instagram. Melihat perkembangan bisnis yang juga semakin maju, kini Instagram telah mengembangkan aplikasinya untuk memberikan ruang khusus bagi para pebisnis online, yaitu dengan menghadirkan akun bisnis.

Bukan hanya itu saja, pada akun bisnis Instagram juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang bisa pebisnis online gunakan. Tujuannya, apalagi kalau bukan agar akun bisnis banyak dilirik pelanggan dan produk bisa laris manis, sehingga omzet penjualan online bisa meningkat. 

Berikut beberapa fitur-fitur Instagram yang perlu pebisnis online perhatikan.

 

1. Auto Reply

ig
Auto reply

Instagram membuat kolom komentar untuk bisa saling berkomunikasi dengan cara membalas atau memberi respon kepada setiap pengguna lainnya yang juga memberikan komentar dalam sebuah postingan foto atau video yang diunggah suatu akun.

Namun, jika kamu menggunakannya untuk bisnis, kamu dituntut untuk memberikan respon secara cepat kepada para pelanggan. Selain itu, kamu sebagai pebisnis online juga harus berkomunikasi dengan followers-mu melalui kolom komentar. Hal ini tentunya akan sulit jika kamu melakukannya secara manual atau membalas satu persatu komentar tersebut. 

Untuk itu, kamu bisa menggunakan fitur auto reply. Cara mengaktifkannya mudah, yaitu melalui pengaturan pada akun Instagram bisnismu. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa sangat terbantu untuk memberi respons secara cepat kepada semua pelanggan. 

Baca Juga: Berjualan di Instagram, Lakukan Hal Ini Agar Pelanggan Loyal

2. Instastory

Salah satu fitur menarik lainnya yang dimiliki Instagram adalah instagram stories atau yang cukup dikenal dengan sebutan instastory. Kamu pasti tidak asing dengan fitur ini, bukan?

Meski durasi penyimpananya hanya 24 jam, tapi instastory dilengkapi dengan fitur stiker, sehingga membuat tampilan instastory menjadi lebih menarik. Dengan begitu bisa jauh lebih mendukung untuk digunakan dalam mengembangkan bisnis atau meningkatkan penjualan produk.

Berkembangnya fitur ini sangat membuat orang antusias untuk lebih menggunakan instastory. Fitur ini dapat mempermudah dalam berkomunikasi dengan followers atau pelanggan, seperti menggunakan Q and A, atau polling untuk survei bisnismu. 

Tampilan instastory yang berbentuk slide ini harus kamu gunakan semaksimal mungkin. Misalnya dengan membuat konten menarik yang melibatkan followers-mu. Ini dapat meningkatkan kunjungan orang terhadap akun bisnismu.

3. Insight

insight
Insight instagram

Insight pada Instagram bisnis memudahkan kamu untuk bisa mengamati kapasitas dari performa akun bisnis yang kamu miliki setiap harinya. Mulai dari menganalisis berapa orang yang tertarik pada konten atau produk yang kamu jual, variasi umur dan gender yang sering mengunjungi profil akun bisnis kamu.

Dengan laporan ini, bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bisnis kamu. Apakah perlu ada perbaikan konten atau pemasaran seperti apa yang cocok untuk menarik daya beli pelanggan dan lainnya.

4. Siaran Langsung (Live)

Live atau siaran langsung, juga bisa diandalkan untuk menarik perhatian para followers dan pelanggan. Di fitur IG live ini, kamu bisa membahas seputar bisnis yang sedang kamu jalankan, mereview produk yang dijual secara detail, hingga tanya jawab secara langsung dengan calon pelanggan.

IG live juga akan sangat berguna untuk membantumu menjalin kedekatan dengan pelanggan loyalmu lewat interaksi langsung, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnismu. 

Baca Juga: Tips agar Jualan di Instagram Sering Kedatangan Order Belanja

5. Tagar atau Hashtag

hastag
Tagar atau hastag

Tagar atau yang populer dengan sebutan hashtag sangat erat berkaitan dengan Instagram. Banyak yang menggunakan hashtag sebagai salah satu judul dalam pencarian di Instagram. Tagar akan membantu calon pelanggan lebih mudah dalam mencari akun bisnis atau produk yang kamu miliki. Untuk itu, kamu perlu membuat tagar yang unik dan khusus untuk bisnismu. 

Tidak perlu banyak karena itu dapat mengganggu pengguna yang lainnya dan ini tidak akan efisien. Cukup gunakan dua atau tiga hashtag khusus untuk bisnismu. Jangan lupa, untuk sertakan tagar ini di setiap postingan produk pada akun bisnis kamu.

Gunakan Fitur dengan Maksimal

Fitur-fitur tersebut mungkin hal kecil yang sering diabaikan pebisnis dalam pemasaran penjualan online. Nyatanya, fitur tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bisnis, khususnya di dunia digital marketing seperti saat ini. 

Apalagi, jika fitur Instagram tersebut digunakan dengan maksimal dengan membuat manajemen yang baik ketika menggunakan fitur-fitur tersebut. Hal ini tentunya akan mengundang banyak calon pembeli dan jualan bisa laris manis.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tingkatkan Follower Instagram? Begini Caranya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA