Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

Wednesday, 4 Rabiul Awwal 1442 / 21 October 2020

UGM Raih 10 Medali di Kompetisi Nasional MIPA 2020

Sabtu 12 Sep 2020 17:29 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada

Foto: en.wikipedia.org
10 medali yang diraih meliputi dua emas, empat perak, dan empat perunggu.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Delegasi Universitas Gadjah Mada berhasil membawa pulang 10 medali dari Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) 2020. UGM meraih 10 medali dari bidang fisika, matematika, biologi, dan kimia.

Pengumuman yang dirilis daring Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyebut 10 medali yang diraih meliputi dua emas, empat perak dan empat perunggu. Ini menunjukkan peningkatan dibandingkan raihan medali tahun lalu.

"Selamat kepada tim mahasiswa KNMIPA dan dosen pembimbing atau pelatih serta pembina yang luar biasa menyiapkan kontingen secara daring karena pandemi," kata Kasubdit Bidang Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Dr Suherman, Jumat (11/9).

Ia menuturkan, dalam kompetisi itu UGM mengirimkan 11 mahasiswa, dan 10 orang menyabet medali. Medali emas diraih Waffiq Maaroja (Fakultas MIPA) di bidang matematika dan Satria Widyanto (Fakultas Teknik) di bidang fisika.

Sedangkan, perak disumbangkan Rayhan Alghiffari Azizi (Fakultas MIPA), Gusti Putu Surya Govinda Atmaja (Fakultas Teknik ) bidang fisika dan Zayyani Trianti Fatmasari (Fakultas MIPA) dan Muh Al Farizi (Fakultas MIPA) bidang kimia.

Perunggu diraih Muhammad Fadlan (Fakultas MIPA) dan I Komang Sadhu Gunawan (Fakultas MIPA) di bidang matematika. Lalu, Stefen Rusli (Fakultas MIPA) di bidang kimia dan I Gusti Made Raka A.A (Fakultas Biologi) di bidang biologi.

Capaian itu mengantarkan UGM ke posisi tiga, sedangkan juara pertama diraih ITB dan juara kedua diraih UI. Suherman menambahkan, tiga mahasiswa UGM yang memdapat medali bidang matematika akan mengikuti seleksi tingkat nasional.

"Nantinya, mereka akan diseleksi lagi untuk wakili Indonesia di International Mathematic Competition (IMC) 2020," ujar Suherman.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA