Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Peserta MTQ Diminta Buka Cadar, Buya Yahya: Jangan Anggap Cadar Sesat

Sabtu 12 Sep 2020 17:08 WIB

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id

Yahya Zainul Maarif atau lebih akrab disapa Buya Yahya. 

Yahya Zainul Maarif atau lebih akrab disapa Buya Yahya. 

Peserta MTQ Diminta Buka Cadar, Buya Yahya: Jangan Anggap Cadar Sesat

VIVA – Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan beredarnya video mengenai salah satu peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 di Provinsi Sumatera Utara, yang diminta membuka cadar oleh panitia kegiatan tersebut.

Perempuan bercadar yang diketahui bernama Muyasaroh, itu akhirnya memilih didiskualifikasi karena enggan membuka cadarnya. Melalui tayangan video pendek yang beredar, ia memilih tidak melanjutkan perlombaan ketika panitia memintanya untuk membuka cadar.

Baca Juga: Blak-blakan Soal Cadar, Indadari Singgung Dosa

Keputusan tersebut dirasa sudah tepat. Karena menurut pendakwah kondang, Buya Yahya, memakai cadar hukumnya adalah wajib, yang didasarkan pada empat mahzab, termasuk mahzab Imam Syafi'i radhiyallahu 'anhu.

"Empat mahzab semuanya, termasuk di dalamnya ada mahzab kita Imam Syafi'i radhiyallahu 'anhu. Pendapat yang dikukuhkan, pendapat nomor satu bahwasanya cadar adalah wajib," ujarnya di YouTube Al-Bahjah TV, dikutip VIVA, Sabtu 12 September 2020.

Pendiri Pondok Pesantren Al-Bahjah itu kembali menegaskan bahwa seorang wanita wajib menggunakan cadar dan menutupi wajahnya. Itu adalah pendapat nomor satu yang dikukuhkan dalam mahzab Imam Syafi'i.

"Menutup wajah adalah wajib. Jadi, kalau ada orang yang pakai cadar jangan dibilang akidahnya sesat. Bukan, itu empat mahzab juga pakai cadar," terang dia.

Menurut Buya, jika ada orang sesat yang memakai cadar, itu beda lagi kasusnya. Karena hukum memakai cadar adalah pendapat pertama yang dikukuhkan oleh mahzab kita, Imam Syafi'i. Lalu, bagaimana bunyi pendapat yang kedua?

"Yang kedua dalam mahzab Imam Syafi'i menyebut bahwa hukum cadar adalah tidak wajib. Seorang wanita tidak wajib menutup sekujur tubuhnya, akan tetapi boleh dibuka wajah dan telapak tangan," tutur Buya Yahya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA