Sabtu 12 Sep 2020 07:10 WIB

Emma Corrin Ungkap Pembuatan Gaun Pengantin Putri Diana

Replika gaun Putri Diana dibuat untuk keperluan film The Crown.

Rep: Umi Nur Fadhillah/ Red: Friska Yolandha
Tiara yang dikenakan Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles.
Foto: EPA
Tiara yang dikenakan Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemeran utama dalam serial The Crown Emma Corrin menceritakan tak mudah mengenakan replika pakaian pengantin Putri Diana. Setidaknya, 10 orang membantunya mengenakan replika gaun pengantin yang dibuat untuk perannya sebagai Putri Diana dalam serial Netflix.

Gaun berwarna gading itu tercatat dalam sejarah sebagai salah satu gaun paling terkenal yang pernah dikenakan pengantin wanita kerajaan. Gaun itu dikenakan Diana ketika dia menikah dengan Pangeran Charles pada 1981.

Baca Juga

Dalam beberapa bulan terakhir, Netflix menayangkan cuplikan The Crown dengan foto-foto yang menunjukkan bagaimana Corrin memerankan Princess of Wales. Netflix menetapkan pemutaran perdana berlangsung pada 15 November.

Klip pendek menampilkan bidikan dramatis gaun yang difilmkan dari belakang. Corrin terlihat melangkahkan kaki melalui Lancaster House. Namun, bagaimana tim desain menciptakan lagi gaun ikonik itu?

Dalam sebuah wawancara dengan Vogue, Corrin menjelaskan tim produksi bersusah payah menciptakan lagi gaun itu yang bekerja sama dengan desainer aslinya, David dan Elizabeth Emanuel.

“The Emanuels, perancang asli, memberi kami pola, kemudian itu dibuat untukku,” kata Corrin seperti dilansir di The Independent. Corrin membutuhkan 10 orang untuk membantunya menganakan gaun yang dibuat lebih besar.

Gaun asli diperkirakan menelan biaya sebesar 90 ribu pound dan dibuat menggunakan sutra gading taffeta dengan balutan renda pada leher dan lengan. Gaun juga memiliki 10 ribu mutiara, berupa payet dan sulaman. Gaun itu dipadukan dengan tiara Spencer dan veily berukuran 153 yard (sekitar 139 meter), termasuk jimat dan emas 18 karat untuk keberuntungan.

Pada 2016, David Emanuel berbicara bahwa Putri Diana memanggil perancang busana untuk membuat janji merancang gaun pengantinnya seperti orang lain. Elizabeth menambahkan bahwa proses mendesain gaun itu tidak memakan waktu lama. 

Namun, proses pembuatan pakaian itu yang memakan waktu lama. Salah satu alasannya, Diana sempat turun berat badan, sehingga pakaiannya harus diikat dan diubah ukurannya.

Dulunya, gaun asli dipajang di Althorp House, yakni perkebunan milik keluarga Spencer. Namun sejak 2014, gaun itu menjadi milik pribadi Pangeran Harry dan Pangeran William. The Crown season 4 akan tayang perdana pada 15 november di Netflix. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement