Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Saturday, 9 Safar 1442 / 26 September 2020

Timun Hingga Tomat untuk Kurangi Lingkar Hitam Pada Mata

Jumat 11 Sep 2020 21:53 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Pada sebagian orang, faktor genetik juga berperan menciptakan lingkar hitam mata (Foto: ilustrasi lingkar hitam mata)

Pada sebagian orang, faktor genetik juga berperan menciptakan lingkar hitam mata (Foto: ilustrasi lingkar hitam mata)

Foto: Pxfuel
Pada sebagian orang, faktor genetik juga berperan menciptakan lingkar hitam mata.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lingkar mata hitam bisa sangat mengganggu penampilan seseorang. Ada banyak penyebab terkait lingkaran hitam di bawah mata. Namun, pada sebagian orang, faktor genetik juga berperan penting sebagai penyebab munculnya lingkaran hitam atau mata longgar.

Tetapi ada banyak tips yang bisa diikuti untuk mengurangi lingkaran hitam dan mata kendor. Berikut tips yang diberikan Dr Ajay Rana, seorang Dokter Kulit dan Dokter Estetika, dilansir dari laman pinkvilla, Jumat (11/9).

Baca Juga

Pijatan ringan
Untuk mencegah penumpukan darah di bawah mata, penting untuk melakukan pijatan ringan dengan jari dua kali dalam sehari. Harap diingat untuk tidak perlu menggosoknya.

Gunakan mentimun
Mentimun memiliki sifat astringent yang menyegarkan kulit dan ringan. Dinginkan mentimun segar dan potong menjadi irisan tebal. Oleskan irisan ini ke mata selama 10 menit.

Banyak minum
Untuk mengurangi lingkaran hitam dan mata kendor, sangat penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh secara terus-menerus. Jadi minumlah setidaknya 10-12 gelas air dalam sehari untuk menghidrasi tubuh Anda.

Konsumsi kentang
Kentang adalah obat yang bagus untuk menyembuhkan lingkaran hitam dan mata bengkak. Kentang mengandung enzim dengan sifat astringent yang membantu mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

Potong kentang menjadi irisan, tusuk dan simpan di lemari es. Oleskan setiap hari di atas kelopak mata selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Oleskan krim mata yang bagus setelah mengoleskan kentang.

Gunakan tabir surya
Lingkaran hitam dan mata longgar disebabkan oleh peningkatan pigmen, baik dari gesekan atau kerusakan akibat sinar matahari. Coba vunakan pencerah topikal seperti vitamin C, asam kojic, dan ekstrak akar manis.

Bahan ini membantu mengurangi pigmentasi kulit, yang pada akhirnya menghasilkan pencerahan lingkaran hitam. Gunakan tabir surya spektrum luas yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida.

Gunakan kantong teh
Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan meningkatkan aliran darah ke kulit. Ini juga melindungi terhadap sinar UV dan memperlambat proses penuaan.

Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit. Simpan kantong teh di lemari es selama 20 menit. Kemudian, peras cairan ekstra dan oleskan ke area bawah mata dan biarkan kantong teh selama 15 hingga 30 menit.

Gunakan Tomat
Tomat merupakan bahan pengelupas yang sangat baik, dan sangat efektif untuk mengurangi lingkaran hitam dan mata yang longgar. Campurkan jus lemon dan jus tomat segar serta pijat area mata setiap hari. Biarkan toner kurang lebih 20 menit dan bersihkan dengan air kelapa.

Tidur nyenyak dan kurangi stres
Keduanya merupakan faktor penting untuk lingkaran hitam dan mata longgar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA