Sabtu 12 Sep 2020 04:21 WIB

Thailand Temukan Kasus Lokal Covid-19 Tipe G

Covid-19 jenis G lebih cepat menular dibandingkan dengan tipe L dan S.

Virus corona dalam tampilan mikroskopik. Thailand menemukan Covid-19 tipe G di negaranya.
Foto: EPA/CDC
Virus corona dalam tampilan mikroskopik. Thailand menemukan Covid-19 tipe G di negaranya.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Kasus lokal Covid-19 pertama Thailand setelah 100 hari ditemukan memiliki tipe G. Tipe G adalah tipe yang sama yang menyebar ke seluruh dunia, kata Kementerian Kesehatan Masyarakat, Jumat (11/9).

Menurut data epidemiologi, Covid-19 jenis G cepat menular dibandingkan dengan tipe L dan S, kata dirjen Departemen Sains Medis Kementerian, Opas Karnkawinpong. Opas, yang juga berperan penting di komite Thailand dalam mencegah penyebaran Covid-19, menyebutkan Covid-19 jenis G paling banyak ditemukan pada pendatang dan pelancong dari karantina.

Baca Juga

Ia juga mengatakan infeksi tipe G jarang terjadi di Thailand namun memperingatkan bahwa negara itu masih memprihatinkan. Sebab lebih banyak pekerja migran ilegal yang berupaya masuk ke Thailand guna mencari pekerjaan.

Menurut Opas, infeksi dapat dihindari jika semua orang patuh pada protokol kebersihan dasar, dengan menggunakan masker di luar ruangan dan rajin mencuci tangan dengan cairan pembersih tangan.

Kasus lokal Covid-19 Thailand yang baru dialami seorang DJ yang bekerja di sebuah pub di Bangkok dan dijebloskan ke penjara atas tuduhan penyalahgunaan narkoba. Usai dinyatakan positif Covid-19, otoritas langsung melacak semua orang yang melakukan kontak dengannya, dan lebih dari 1.000 orang menunjukkan hasil tes negatif.

Otoritas kesehatan meyakini bahwa DJ tersebut tertular di salah satu tempat kerjanya dari pendatang luar negeri. Hingga kini, jumlah kumulatif infeksi Covid-19 di Thailand mencapai 3.461, dengan 3.312 pasien sembuh dan 91 kasus aktif sementara korban meninggal karena Covid-19 berjumlah 58 orang, dilansir dari Xinhua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement